Samsung Ciptakan ‘Smart Windshield’, Pengendara Motor tak Perlu Repot Mengakses Smartphone

 1608 views

Seoul, Korea Selatan – Pabrikan seluler Samsung mulai merambah bisnis di bidang . Dalam sebuah video teaser yang diunggah pada situs YouTube, perusahaan asal Korea Selatan tersebut memperkenalkan perangkat windshield canggih untuk sepeda yang diberi nama ‘Smart Windshield’.

smart windshield – kabaroto.com

 

Dilansir oleh Autoevolution (22/3), perangkat canggih ini memungkinkan pengendara untuk mengakses informasi dari telepon genggam mereka tanpa menyentuhnya secara langsung. Informasi seperti panggilan masuk, pesan, email, dan notifikasi sosial lainnya dapat ditampilkan secara langsung oleh windshield canggih ini. Selain itu, Samsung Smart Windshield ini juga dapat menampilkan arah GPS.   

Sayangnya, ini tidak dirancang untuk menerima telepon atau membalas pesan singkat yang masuk, mengingat hal tersebut justru akan membahayakan pengendara. Sebagai gantinya, Samsung menyediakan 5 template jawaban pesan yang dapat dipilih dengan menekan tombol pada bar, diantaranya “I am Driving” (saya sedang berkendara) dan “call you back in 5 minutes” (saya telepon 5 menit lagi).

Berkat pemilihan warna kontras dan cerah pada Smart Windshield, pengendara dapat membaca seluruh informasi pada layar meski berkendara pada siang hari. Untuk dapat menggunakan perangkat nirkabel ini, pengguna harus terlebih dulu mengunduh aplikasi khusus yang dibuat oleh Samsung. Hingga saat ini, belum ada informasi pasti kapan perangkat canggih ini akan dirilis beserta harganya.   

Teknologi windshield canggih ini sebenarnya bukan barang baru di jagat otomotif. Sebelumnya, BMW Motorrad telah mengembangkan teknologi serupa yakni HUD helmet yang dapat menampilkan informasi di smartphone melalui kaca helm.

   
Penulis: