Scooter Laverda, Si Mini Antik Inovatif Asli Negeri Pizza

Bagi generasi masa kini, mungkin masih asing jika mendengar Laverda. Laverda merupakan perusahaan asal Italia yang pertama kali didirikan oleh Pietro Laverda pada tahun 1873 silam. Kala itu, Laverda memutuskan untuk memulai perusahaan pembuat pertanian di sebuah pedesaan kecil di Breganze, Provinsi Vicenza.

Scooter Laverda – www.eurospares.com

 

Hampir tiga perempat abad kemudian, dengan semangat perusahaan dan merasa perlu untuk memperbaiki ekonomi usai Perang Dunia II, pada Oktober 1949, cucu Laverda, yaitu Francesco, mendirikan Moto Laverda S.A.S. Dibantu olehy Luciano Zen, Francesco mulai merancang sebuah kecil. Meski awalnya proyek ini tidak dianggap sebagai sesuatu yang serius, namun yang dihasilkan nantinya menjadi salah satu model paling sukses dalam sejarah. Sebuah sederhana, bermesin 4-stroke, berkapasitas 75cc dengan girder forks dan rantai yang sepenuhnya tertutup.

Setelah itu, selang 10 tahun kemudian, atau tepatnya pada tahun 1959, otoritas berwenang Italia menerapkan peraturan baru yang mengharuskan sepeda tidak boleh melebihi kecepatan 40 km per jam. Melihat peluang tersebut, Laverda pun memutuskan memproduksi sebuah mini yang inovatif dengan mesin 4-stroke, berkapasitas 49cc. Dengan produk ini, Laverda pun menjadi perusahaan pertama yang memproduksi mini tanpa lisensi mengemudi.

Produksi skuter mini ini sendiri dimulai pada tahun 1960. Selain mesin berkapasitas 49cc, skuter ini juga memiliki pengukuran diameter x langkah 40 x 39 mm, menampilkan silinder dengan perpaduan laras besi, tangki bahan bakar berkapasitas satu galon di bawah jok, sebuah karburator Dell’Orto kecil, kursi model tunggal, dan ban berukuran 2,5 x 9 inci.

Meski berukuran mini, skuter ini diklaim mampu meletupkan daya maksimal 2,5 HP pada putaran 6.000 rpm. Sementara, untuk kecepatan maksimal, disebut dapat mencapai lebih dari 40 km per jam. Pada tahun 1962, skuter ini sempat mengalami revisi dengan penambahan mesin menjadi 60cc dan transmisi manual 3 percepatan serta penggantian single seat menjadi model bangku. Berikut teknis scooter Laverda.

Tipe Mesin 4-stroke, OHC, single cylinder
Kapasitas Mesin 49cc
Diameter x Langkah 40 x 39 mm
Rasio Kompresi 7,5 : 1
Daya Maksimum 1,3 HP @ 3.500 rpm
Karburator Dell’Orto S.O. 14/9
Transmisi 2-speed
Rangka Sheet Body
Suspensi Depan dan Belakang Mechanical Suspension with Helical Spring
Ban Depan dan Belakang 2,5 x 9”
Rem Depan dan Belakang Drum
Jarak Sumbu Roda 1.187 mm
Berat 50 kg
Kapasitas Bahan Bakar 4 liter
   
Penulis: