Selesai Digarap, Motor Listrik ‘GESITS’ ITS-Garansindo harus jalani Uji Performance

 11448 views

Surabaya buatan Tim MOLINA dari Institut Sepuluh Nopember () Surabaya bakal dipamerkan pada hari ini (3/5) di gedung riset MOLINA . Selanjutnya, kebanggaan ini akan diproduksi secara massal oleh PT .

listrik garansindo-ITS – naikmotor.com

 

“Kami (ITS) sudah tuntas dalam melakukan risetnya, karena itu hasil riset berupa prototipe motor listrik akan diserahkan Menristekdikti Mohamad Nasir kepada Garasindo di Bengkel Molina ITS pada 3 Mei 2016,” ujar Rektor ITS Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc.ES. Ph.D ketika ditemui di Surabaya, Senin (2/5).

Terkait dimensi dan bentuk motor, Dr Muhammad Nur Yuniarto selaku ketua Tim MOLINA ITS mengatakan bahwa GESITS (Garasindo Electric Scooter ITS) tidak jauh berbeda dengan sepeda motor matik pada umumnya.

“Perbedaan paling mendasar dari GESITS dengan motor matik yang ada saat ini, yakni GESITS tidak memiliki knalpot dan suaranya halus. Yang jelas, motor listrik buatan negara lain itu hanya evolusi genjotan yakni gerakan menggenjot yang bergeser menjadi energi listrik, tapi kami benar-benar dengan baterai,” kata Nur.

Namun, Nur menolak untuk menjelaskan secara detail dan keunggulan GESITS sebelum acara launching digelar.

“ITS sebagai lembaga riset dan pendidikan memang membutuhkan lembaga lain untuk bekerjasama memproduksi secara massal karena kami hanya bisa memperkenalkan teknologi yang kami ciptakan,” paparnya.

Meski motor listrik ini telah selesai menjalani masa riset, GESITS masih harus melalui tahapan uji coba performance selama 1 tahun ke depan. Untuk alasan itulah, GESIT baru bisa diproduksi secara massal pada tahun 2018 mendatang.

“Jadi semacam perkenalan bahwa ITS sudah menciptakan teknologi ini dan terbuka untuk diproduksi massal, rencana selesai uji performance dan masuk ke produksi pada 2018,” tutup Nur.

   
Penulis: