Mantap! BMW Motorrad Bakal Sematkan Teknologi Cruise Control pada BMW K1600

 62 views

Munich – BMW Motorrad mengenalkan bertajuk Cruise Control. Dengan teknologi anyar ini BMW Motorrad mengklaim bahwa pengendara akan lebih aman ketika mengendarai motor gede (). Teknologi Cruise Control aktif berupa radar yang memandu cruise control untuk menjaga jarak dan kecepatan supaya tidak terjadi tabrakan dengan kendaraan yang berada di depan.

BMW K1600 – (YouTube: The Bike Show)

“Teknologi radar ini sebenarnya bukan barang baru di motor besar. Sebelum BMW, Ducati dan KTM sudah lebih dulu memamerkannya. Namun, BMW mengklaim teknologinya tersebut jauh lebih baik,” demikian seperti dilansir Motorcyclenews melalui iNews.

Teknologi yang dinamakan Active Cruise Control System (ACC) tersebut adalah hasil kerja sama antara BMW Motorrad dengan Bosch. ACC menawarkan 2 mode berkendara, nyaman atau dinamis yang dapat mengubah seberapa agresif motor dapat berakselerasi dan melaju dengan kecepatan yang lebih lambat. Teknologi yang mirip seperti pada mobil itu akan memberi informasi detail pada pengendara mengenai kecepatan kendaraan dan mengukur dalam jarak 100 meter.

Data kecepatan kendaraan nantinya akan dikirim ke sistem pengereman anti-lock braking system (ABS), serta dapat menambah putaran ke atau pengereman secara perlahan tergantung dari kondisi yang dibutuhkan di saat tertentu.

Menariknya lagi, teknologi cruise control tersebut dapat diatur dalam 3 tahap dengan satu tombol dan akan ditampilkan pada dasbor. Apabila sistem tidak beroperasi, maka simbol pada dasbor akan memberi tahu pengendara untuk memegang kendali penuh atas sepeda motor.

Ada pula peringatan kedua untuk memberi tahu pengemudi ketika berada dalam situasi untuk melakukan pengereman darurat. Tetapi, sistem ini tak akan merespons kendaraan yang tidak bergerak di depan. Sistem cruise control besutan BMW pun akan secara mengurangi kecepatan apabila kendaraan mulai masuk tikungan atau berbelok. Sistem itu membaca tingkat kemiringan kendaraan dan semakin rendah, maka kecepatannya pun akan semakin turun.

BMW Motorrad sekaligus mengumumkan bahwa BMW K1600 akan menjadi pertama yang memakai sistem cruise control aktif. Motor berjenis cruiser tersebut disebut sangat cocok untuk disematkan canggih tersebut karena penggunaannya lebih banyak untuk touring jarak jauh.

   
Penulis: