Bergaya Retro, Skuter Listrik Terbaru Kumpan 54 Series Bisa Melaju Hingga 100 Kpj

Jakarta asal Jerman, Kumpan belakangan meluncurkan bertajuk Kumpan 54. matic ini rupanya mengedepankan tenaga listrik dan mengusung gaya tampilan yang mirip seperti skutik legendaris asal Italia. Tak heran jika kemudian Kumpan 54 berhasil mencuri perhatian khalayak.

Kumpan 54 – paultan.org

Saat kemunculan pertamanya, Kumpan hanya merilis seri Inspire dan Iconic. yang memiliki tenaga 3 kW ini dapat melaju dengan kecepatan maksimal hingga 45 kilometer per jam, dengan jarak tempuh maksimal mencapai 186 km. Skutik untuk segmen pemula ini cukup menarik, karena untuk membawanya mengitari jalanan Eropa pun tak diwajibkan untuk mengantongi lisensi mengendarai.

Tetapi pihak Kumpan menyadari jika tidak semua orang bersedia untuk melakukan perjalanan sehari-hari dengan laju yang sepelan itu. Oleh karenanya, Kumpan mengembangkan motor elektrik teranyar bernama Ignite dan Impulse untuk memenuhi kebutuhan . Jika dilihat dari tampilannya tak ada perubahan yang berarti. Tetapi tentu saja motor elektrik tersebut mengalami peningkatan spesifikasi yang cukup signifikan.

“Skuter baru ini mampu mencapai kecepatan yang lebih tinggi, dan selanjutnya akan mewajibkan pengemudi mereka untuk memiliki lisensi sepeda motor,” demikian seperti dilansir dari Rideapart.

Adapun untuk Kumpan Ignite diklaim sanggup menyemburkan tenaga 7 kW (9,4 Hp) – 8,4 kW (11,3 Hp) pada daya puncaknya. Yang lebih hebat lagi, Ignite dapat melaju hingga kecepatan 100 km per jam. Daya baterainya masih mengandalkan tipe yang sama, yakni 2 paket lithium-ion yang dipasang di balik bagasi dengan kapasitas masing-masing 1,5 kWh. Apabila sewaktu-waktu hendak menempuh jarak lebih jauh, masih ada satu ruang baterai lagi.

Sedangkan untuk Impulse, diklaim dapat menghasilkan daya maksimal 4 kW (5 hp), dan menyentuh kecepatan puncak 70 kpj. Baterainya sama saja. Namun bila tiga-tiganya terpasang, hasil jarak tempuh meningkat dari 100-120 km. Baterai Kumpan Ignite dan Impulse bisa dilepas dan dipasang dengan mudah. Mekanisme chargingnya sendiri memang harus dilepas. Lama pengisian daya baterai motor ini membutuhkan waktu sekitar 4 jam.

Baca juga:   SIS Buka Inden Online Motor Sport Terbaru GSX-R 150 & GSX-S 150
   
Penulis: