Sepeda Motor Terbang Hoverbike, Bisa Dikendalikan Manual dan Otomatis

 2151 views

Sepeda yang memiliki kemampuan untuk terbang mungkin baru bisa kita saksikan di film-film ala Hollywood atau film luar negeri lainnya. Namun, ke depan, sepeda terbang ini agaknya tak hanya hadir di perfilman, namun mewujud dalam kehidupan sehari-hari.

Sepeda Motor Terbang Hoverbike – www.infotekno-blog.com

 

Pada tahun 2015 lalu, perusahaan aeronotika yang berbasis di Inggris, Malloy Aeronautics, menjalin kerjasama dengan perusahaan penyedia pertahanan Amerika Serikat, Survice Engineering, untuk mengembangkan sepeda motor terbang bagi militer AS. Dan, sepeda motor bernama Hoverbike itu dikembangkan untuk Kementerian Pertahanan AS dan dioperasikan sebagai kendaraan pengintai taktis (TRV).

awal sepeda motor terbang ini adalah dibuat model dengan skala sepertiga dari ukuran sesungguhnya, atau biasa disebut drone. Model prototipe ini dilengkapi dengan motor dan bisa dikendalikan menggunakan remote control. Sementara, model Hoverbike dengan ukuran sesungguhnya bakal menggunakan serta pengendalian seperti sepeda motor biasa.

Penggagas sepeda motor terbang Hoverbike ini, Chris Malloy, pertama kali membuat motor tersebut hanya sebagai sebuah hobi. Ia memang suka dengan drone dan memiliki ide untuk membuat Hoverbike menggunakan empat baling-baling, layaknya drone quadcopter. Malloy sendiri terlebih dulu melakukan penelitian selama satu tahun sebelum merakit sepeda motor terbang Hoverbike.

Hoverbike menggabungkan konsep sederhana dari sepeda motor dan helikopter. Motor ini nantinya diharapkan bisa menggantikan peran dari helikopter konvensional berukuran kecil, seperti Robinson R22. Tentu saja, dibandingkan helikopter, Hoverbike akan punya yang lebih murah dan lebih efisien.

Nantinya, selain bisa digunakan secara manual, sepeda motor terbang Hoverbike juga bisa dikendalikan dari jarak jauh atau secara layaknya drone. Mode kedua ini sangat berguna untuk pengiriman suplai ke garis depan pertempuran. Adapun mode ketiga, Hoverbike diharapkan bisa terbang secara sambil mengangkut personel militer.

Untuk saat ini, versi prototipe milik militer AS sudah bisa terbang selama 45 menit dengan mencapai 160 km per jam. Hoverbike tersebut juga sudah bisa membawa beban hingga 136 kg. Militer AS sendiri menargetkan Hoverbike ini mampu mengirimkan suplai ke pasukan garis depan hanya dalam waktu 30 menit.

   
Penulis: