Motor Yamaha NMAX & R25 Kena Recall, Bagaimana dengan Indonesia?

Jakarta bongsor andalan Yamaha, rupanya bukan hanya diproduksi untuk memenuhi permintaan domestik. Motor favorit banyak orang yang telah diperkenalkan sejak tahun 2015 lalu ini sempat mengalami perubahan besar pada sisi eksterior serta dilengkapi yang membuatnya dapat terhubung dengan smartphone.

Yamaha NMAX – www.yamaha-motor.eu

PT Yamaha Motor Manufacturing (YIMM) kini menawarkan Yamaha NMAX dengan Rp29,75 juta untuk standar dan Rp33,75 juta untuk Connected. Yamaha Indonesia pun masih memasarkan NMAX model lama seharga Rp28,5 jutaan dan Rp32,2 jutaan.

Selain NMAX, Yamaha Indonesia juga menjadi basis produksi dari sepeda motor sport YZF-R25 dan MT-25 yang dipasarkan secara global. Baik NMAX, YZF-R25, dan MT-25 diproduksi dalam beberapa berbeda untuk pasar global.

Akan tetapi berdasar kabar dari Response, Yamaha Jepang telah melapor ke departemen transportasi setempat untuk melakukan recall atau penarikan kembali terhadap puluhan ribu unit motor. Recall terpaksa dilakukan lantaran lampu reflektor belakang yang biasa dipasang di dekat spatbor dianggap tidak sesuai dengan standar keamanan yang berlaku di negara tersebut. Pihak Yamaha pun akan menggantinya dengan model yang lebih aman tanpa dipungut biaya, alias gratis.

Adapun model sepeda motor Yamaha yang ditarik kembali adalah NMax 125, NMax 150, NMax 250, YZF-R25, YZF-R25A, YZF-R3A, MT250, MT-25A, dan MT320. Jumlah motor tersebut mencapai 78.230 unit yang diproduksi sejak 6 Oktober 2014 sampai 1 April 2019.

Menurut Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang, reflektor belakang dari model-model yang terkenal recall itu mempunyai permukaan yang tidak rata. Hal itu disebabkan cetakan yang tidak tepat ketika proses pembuatan. Akibatnya, pantulan cahaya dapat tersebar dan tidak fokus.

Meski mengalami recall di Jepang, YIMM menegaskan jika tidak ada penarikan kembali untuk unit Yamaha NMAX dan model lainnya karena masalah reflektor di Indonesia. Public Relation Manager PT YIMM, Antonius Widiantoro menegaskan jika model yang dipasarkan di Indonesia sudah sesuai dengan regulasi. “Terkait unit yang beredar di Indonesia, kami tidak melakukan aktivitas recall karena sudah sesuai dengan regulasi yang ada,” kata Antonius, seperti dilansir Suara.

Baca juga:   Honda Lagi Siapkan CRF1000L Africa Twin Terbaru, Bakal Usung Mesin 1.084cc?
   
Penulis: