YZF-R6 Edisi 20th Anniversary Meluncur, Desain Dibuat Semirip Motor Rossi

 119 views

Tokyo resmi meluncurkan sport andalannya, YZF-R6 edisi 20th Anniversary. yang disebut-sebut sebagai duplikat dari The Doctor (Valentino Rossi) tersebut sedang dites di sirkuit balap sebelum dipasarkan.

YZF-R6 Edisi 20th Anniversary – tmcblog.com

Pada rekaman video yang beredar menunjukkan bahwa YZF-R6 meluncur pada trek balap cepat dengan hebat. Motor teranyar dari asal Jepang tersebut mempunyai tampilan R1-esque. Menurut para pengamat , Yamaha YZF-R6 diperkirakan bakal jadi motor terbaik di dunia.

“Alasan peluncuran motor tersebut di Amerika Serikat adalah karena angka penjualan lama yang sangat bagus. YZF-R6 adalah salah satu motor sport terlaris di Negeri Paman Sam dengan penjualan mencapai 150.000 unit sejak diperkenalkan pada 1999,” kata Yamaha dalam siaran persnya, seperti dilansir Sindonews.

Motor YZF-R6 pun telah membuktikan dan prestasinya yang pernah menjuarai World Supersport Championships sebanyak 3 kali dalam 7 tahun terakhir, serta 21 trofi AMA Professional Road Racing dalam 13 tahun terakhir.

Kendaraan berkapasitas 600 cc ini hadir sebagai motor yang ringan, gesit, kencang, dan memiliki paling dinamis di kelasnya. tampilan YZF-R6 dibuat mirip motor yang ditunggangi The Doctor, yakni YZF-R1. Motor tersebut diklaim Yamaha sebagai Next generation R-DNA. Bagian depan dan windshield yang baru dapat mengurangi koefisien drag sampai 8%. Desain baru tersebut kabarnya dapat membuat motor lebih kencang dari generasi sebelumnya.

Di samping itu, lampu LED depan dan indikator lain juga diubah terinspirasi R1. Namun untuk rangka, Yamaha masih memakai rangka R6 yang sama, versi 2017 yang mempunyai panjang 2.040 mm, lebar 695 mm, dan tinggi 1.150 mm, dengan jarak roda 1.375 mm serta tinggi tempat duduk 85 mm. yang dipakai pun tetap, 599 cc berpendingin cairan DOHC 4 silinder segaris dengan 16 katup yang terbuat dari material titanium.

Sayangnya, pihak Yamaha belum mengungkapkan berapa besar tenaga dan torsi maksimal yang dapat dihasilkan oleh R6. Morebike memprediksi mesin itu dapat memuntahkan tenaga antara 100-120 hp yang disalurkan ke roda belakang lewat transmisi 6 percepatan. Di Austria sana, motor ini dijual dengan 19.900 euro atau sekitar Rp323 jutaan.

Baca juga:   Triumph Tiger 1200 Versi 2018 Resmi Mengaspal, Ini Harganya
   
Penulis: