Diam-Diam Meluncur, Motor Yamaha Lexi Kini Dilengkapi Fitur Rem ABS

Jakarta – PT Yamaha Indonesia Manufacturing (YIMM) rupanya diam-diam meluncurkan matic Yamaha Lexi baru yang sudah dilengkapi pengereman anti-lock braking system, yakni Yamaha Lexi S-. Tanpa seremoni apapun, tiba-tiba sudah ada 1 produk baru yang ditampilkan di situs resmi yamaha-motor.co.id.

Yamaha Lexi – .kompas.com

Sesuai namanya, Yamaha Lexi S-ABS sudah dilengkapi rem ABS dan harganya naik Rp 2,8 juta dari S, yakni dibanderol mencapai Rp 25,8 juta berstatus on the road (OTR) Jakarta. Akan tetapi, pihak YIMM tampaknya hanya menambahkan fitur ABS pada varian Lexi ini. Secara spesifikasi tak ada lagi perubahan yang berarti. Yamaha Lexi S-ABS masih dilengkapi fitur seperti LED headlight, windshield, smart key system, dan speedometer full digital.

Kemudian untuk bagian kaki-kaki juga sama. “Suspensi teleskopik dan ban 90/90-14 di bagian depan. Sementara itu, sektor belakang ditopang single-sided sub-tank suspension serta ban berukuran 100/90-14 dan dikawal rem tromol,” demikian seperti dilansir Otosia.

Sementara itu, di bagian dapur pacu Yamaha Lexi S-ABS mengusung 1 silinder SOHC liquid cooled dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA). tersebut diklaim dapat menyemburkan tenaga hingga 11,7 hp pada torsi maksimum 11,3 Nm. Kehadiran Lexi versi ABS ini sekaligus melengkapi 2 varian yang sudah ada sebelumnya, yaitu varian Standar dan S. Yamaha Lexi standar harganya Rp 20,15 juta, sedangkan Lexi S dibanderol Rp 23 juta.

Anti-lock braking system (ABS) sendiri adalah fitur keselamatan yang ada pada bagian pengereman. Fitur satu ini memastikan agar rem dapat berfungsi secara maksimal sekaligus mencegah ban terkunci karena pengereman mendadak. Sebelumnya ABS lebih sering disematkan pada motor-motor besar, terutama motor .

Akan tetapi, kini skutik pun sudah banyak yang menyematkan fitur ABS. Sebelumnya, Yamaha juga menyisipkan fitur rem ABS pada skuter matik terbarunya, yakni Yamaha FreeGo. Di Indonesia aturan mengenai rem ABS sebenarnya masih belum diwajibkan. Lain dengan Eropa yang mewajibkan seluruh motor berfitur ABS sejak tahun 2016 lalu, termasuk motor dengan mesin 125 cc sekalipun.

   
Penulis: