Spesifikasi Bajaj RE BBG, Kendaraan Roda Tiga Nyaman dan Irit

 3161 views

Jika Anda pernah berkunjung ke Jakarta, pasti sudah tidak asing lagi dengan umum merek Bajaj. Bajaj memang masih mendominasi umum roda tiga di Jakarta, meski ada beberapa merek lain yang juga mulai ikut persaingan, seperti TVS dan Piaggio. Hingga tahun 2012 lalu, merek Bajaj sebagai umum di Jakarta mencapai lebih dari 14 ribu unit.

Bajaj RE – commercialvehicle.in

Umumnya, Bajaj yang digunakan di Jakarta masih menggunakan mesin tipe 2-stroke, dengan ciri khas suara meraung-raung dan berisik. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, sudah banyak sopir Bajaj yang menggunakan Bajaj dengan mesin 4-stroke dan juga berbahan bakar (BBG) atau CNG. Menurut beberapa sopir Bajaj, mengendarai Bajaj BBG ini memang lebih nyaman, baik untuk sopir maupun penumpang karena lebih lincah, suara lebih halus, ramah lingkungan, dan lebih irit .

Bajaj BBG dengan mesin 4-stroke sendiri merupakan salah satu varian dari Bajaj tipe RE, selain model yang menggunakan bahan bakar bensin dan LPG. Bernama RE 4S, kendaraan ini hadir dengan desain yang lebih melegakan bagi pengendara karena adanya ruang pijakan kaki yang lebih lapang hingga posisi tempat duduk yang lebih comfortable.

Di bagian jantung pacu, asal India membekali Bajaj RE BBG dengan mesin tipe 4-stroke, forced air-cooled, silinder tunggal, SI engine, dan berkapasitas 173,52cc. Dengan modal tersebut, kendaraan ini mampu menyemburkan tenaga maksimal 5,7 kW pada putaran 5.500 rpm dan torsi puncak menembus angka 11,5 Nm pada putaran 3.500 rpm.

Di negeri asalnya, Bajaj RE 4S dengan bahan bakar BBG tampil dengan warna dominan kuning atau hitam. Namun, ketika diimpor ke , kendaraan ini memiliki warna dominan biru di sekujur bodi untuk membedakannya dari Bajaj 2-stroke yang memiliki warna kuning. Sayangnya, harga yang mencapai Rp70 juta hingga Rp80 juta ketika diimpor di membuat Bajaj RE BBG ini masih belum begitu optimal digunakan sebagai moda transportasi umum di kota-kota besar.

Berikut spesifikasi teknis Bajaj RE BBG.

Tipe Mesin 4-stroke, forced air-cooled, SI engine, silinder tunggal
Mesin 173,52cc
Diameter x Langkah 57 x 68 mm
Daya Maksimum 5,7 kW @ 5.500 rpm
Torsi Maksimum 11,5 Nm @ 3.500 rpm
Rasio Kompresi 9,1:1
Transmisi 4 forward + 1 reverse
Tipe Rangka Monocoque
Suspensi Depan Swing arm with anti-dive link
Suspensi Belakang Swing arm
Rem Single control, right foot operated hydraulic brake
Ban Depan 4,00-8 4PR
Ban Belakang 4,00-8 4PR
Dimensi 2.625 x 1.300 x 1.710 mm
Jarak Sumbu Roda 2.000 mm
Kapasitas Bahan bakar 6,5 kg
Jarak ke Tanah 200 mm
Berat Kosong 340 kg
   
Penulis: