Spesifikasi dan Harga Varian Ducati Scrambler di Indonesia

 2870 views

Untuk mereka yang mengaku sebagai penggemar sport dengan berkapasitas besar, pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar nama . Merek asal tersebut memang sudah melanglang-buana di segmen motor sport dunia, bahkan ikut serta dalam kejuaraan paling bergengsi, yaitu balap MotoGP.

Dari sekian motor yang pernah dirilis oleh perusahaan asal Negeri Pizza, salah satu yang cukup dan karenanya tetap bertahan hingga sekarang adalah Scrambler. Ducati pertama kali meluncurkan varian ini pada tahun 1968. Kala itu, motor ini dibuat untuk menyasar Amerika Serikat. pertama yang diproduksi hadir dengan desain yang mengambil basis Ducati Diana, dengan mengusung mesin berkapasitas 250cc hingga 450cc. Khusus 450c, disebut juga dengan Jupiter di Negeri Paman Sam.

Di Indonesia, Ducati pertama kali meluncurkan varian Scrambler ke Tanah Air pada tahun 2016 lalu lewat PT Garansindo Euro Sports selaku agen pemegang merek. Diperkenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, saat itu Italia langsung membawa 5 model sekaligus ke Indonesia. Berikut spesifikasi masing-masing varian Ducati Scrambler yang meluncur di Tanah Air.

Scrambler Sixty2

Motor ini bisa disebut sebagai varian terkecil dari model Scrambler karena hanya mengusung mesin berkapasitas 399cc, L-Twin Desmo, pendingin udara. Meski demikian, motor dengan desain vintage tersebut mampu meletupkan daya maksimal 41 HP pada putaran 8.750 rpm dan torsi puncak 34,3 Nm pada putaran 7.750 rpm.

Untuk desain, bentuk tangki seolah berbentuk butiran air mata yang dipercantik dengan grafis dan logo khas Sixty2 sehingga membuat motor ini punya karakter khusus, elegan, dan stylish. Ketika pertama kali diperkenalkan, motor yang ringan dan nyaman dikendarai tersebut ditawarkan dengan mulai Rp199 jutaan.

Scrambler 800 Icon

Motor ini merupakan moge yang membawa konsep desain -modern dengan menawarkan mesin yang super mantap karena berbeda jauh dengan seri sebelumnya. Ducati membekali Scrambler 800 Icon dengan mesin berkapasitas 803cc, L-Twin Desmodromic, 2 valve, sehingga mampu meniupkan daya 75 HP pada putaran 8.250 rpm dan torsi puncak 6,9 kg-m pada putaran 5.750 rpm.

Secara tampilan, Scrambler 800 Icon mencerminkan Scrambler Ducati yang pernah diproduksi pada era tahun 1960-an hingga 1970-an. Di Indonesia, motor yang sangat keren ini ditawarkan dengan harga mulai Rp299 jutaan.

Scrambler Classic

Sebenarnya, motor ini mengusung mesin yang nyaris mirip dengan model Scrambler 800 Icon, yaitu berkapasitas 800cc, L-Twin Desmodromic distribution yang membawa 2 valves per cylinder serta sistem pendingin berupa air-cooled. Dengan modal tersebut, Scrambler Classic mampu menyemburkan tenaga 55 kW pada putaran 8.250 rpm dan torsi 68 Nm pada putaran 5.750 rpm. Untuk meminang motor ini, konsumen perlu merogoh kocek mulai Rp359 jutaan.

Scrambler Urban Enduro

Seperti namanya, motor ini dihadirkan bagi mereka yang gemar olahraga alam atau adventure. Untuk memperkuat kesan motor adventure, Ducati telah membekali Scrambler Urban Enduro dengan suspensi upside-down di bagian depan serta suspensi belakang rear shock, pre-load adjustable. Motor dengan mesin berkapasitas 800cc ini dilepas dengan harga Rp359 jutaan.

Scrambler Full Throttle

Ini merupakan varian Scrambler termahal yang dilepas di pasaran Indonesia. Scrambler Full Throttle membawa desain aduhai dan futuristik, serta dibekali dengan mesin L-Twin, Desmodromic distribution, dengan 2 valves per cylinder, air-cooled, berkapasitas 800cc. Ducati menawarkan motor ini dengan harga mulai Rp379 jutaan.

   
Penulis: