Suzuki Bakal Kembali Hidupkan Motor Adventure DR Big?

Tokyo Motorcycles kabarnya tengah mempersiapkan di segmen adventure yang disebut-sebut memiliki kemampuan off-road lebih baik dibandingkan Suzuki V-Strom 1000. adventure itu dinamai Suzuki DR Big yang memakai basis dari V-Strom 1000 dan diklaim dapat menyemburkan 100 tenaga kuda.

Suzuki DR 800 Big – www.offroadcentrum.com

“Motor ini akan menggunakan roda depan 21 inci, tangki bahan bakar 20 liter, ground clearance yang lebih tinggi daripada V-Strom dan knalpot tinggi. Suspensi yang digunakan lebih panjang, bash plate engine standar, dan ABS yang dapat dihidupkan dan dimatikan, serta elektronik yang lebih canggih, termasuk mode pengendaraan khusus, dan kontrol traksi,” demikian seperti dilansir Carandbike melalui Tempo.

Sebelumnya serupa, yakni DR 800 S Big pernah populer di tahun 1990 sebagai motor penjelajah off-road yang cukup andal. Sayangnya motor itu hanya berusia 10 tahun di pasar global. Usai Suzuki berhenti memproduksi motor itu pada tahun 1999, justru banyak produsen pesaing yang memproduksi -model motor adventure.

Oleh sebab itu saat ini Suzuki berencana untuk membangkitkan lagi DR 800. Wacana motor adventure Suzuki DR Big 800 ini diketahui dari salah seorang informan dalam yang mengatakan bahwa pabrikan berlogo huruf S ini akan kembali memproduksi motor trailnya. Sayangnya masih belum diketahui apakah Suzuki masih akan mengusung nama DR seperti motor lawasnya.

Kabarnya mengenai produksi motor baru Suzuki ini diungkap melalui situs asal Spanyol trailridersmag.com yang mengutip sumber-sumber di Suzuki untuk mengkonfirmasi terkait kabar mengenai DR Big yang akan datang. Sedangkan saat ini segmen motor petualang diisi oleh sejumlah model seperti BMW F 850 GS, Africa Twin, dan Tiger 800.

Suzuki DR Big lawas sendiri adalah motor petualang yang memakai mesin 727 cc satu silinder besar yang diklaim dapat menghasilkan tenaga sebesar 52 bhp. Tahun 1990 silam Suzuki sempat meningkatkan kapasitas mesinnya menjadi 779 cc dengan tenaga yang tentunya lebih besar, yakni 54 bhp. Jika motor tersebut jadi diproduksi kembali, tentunya akan semakin memperketat persaingan di segmen adventure.

   
Penulis: