Tertibkan Lalu Lintas, Polres Klaten Bagi-bagi Kupon Berhadiah Sepeda Motor

 1107 views

Sebuah inovasi dilakukan oleh Polres Klaten demi memacu para pengguna jalan untuk tertib berlalu lintas. Dalam Operasi Simpatik Candi 2016 tersebut, membagi-bagikan kupon berhadiah pada para pengendara kendara bermotor.

Sebagaimana dikutip dari Solopos (3/3), Polres Klaten menggelar aksinya di tepi Jalan Pemuda, di kawasan Alun-alun Klaten. Operasi Simpatik Candi 2016 ini dilaksanakan sejak Hari Selasa lalu (1/3) hingga 21 Maret 2016.

Dalam operasi tersebut, pengendara yang terbukti menaati tata tertib akan langsung diminta mengisi kupon.

‘’Kami biasanya memberikan surat tilang bagi pelanggar, sekali-kali ganti kami berikan hadiah kepada warga yang tertib, ‘’ ujar Kapolres Klaten, AKBP Faizal, di sela operasi, kemarin (2/3).

Polres Klaten Sediakan Hadiah Bagi Pengendara Tertib Lantas – foto: RRI.co.id

Kupon-kupon yang terkumpul nantinya akan diundi pada 1 Juli 2016 mendatang, bertepatan dengan Hari Bhayangkara. Tak tanggung-tanggung, hadiah yang diberikan berupa , sepeda gunung, serta masih banyak lagi dengan total mencapai Rp 50 juta.

“Ini kami lakukan untuk memacu masyarakat tertib berlalu lintas. Kami apresiasi warga yang mematuhi peraturan lalu lintas,” terangnya.

Ditanya soal pengendara yang melanggar tertib berlalu lintas, Kapolres Klaten ini menjawab tetap akan memberlakukan tilang. Lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa fokus operasi kali ini adalah pada kelengkapan administrasi maupun berkendara dari pengendara roda dua dan roda empat. Selain itu, operasi juga digelar untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Untuk kecelakaan masih didominasi kelalaian manusia. Untuk korban mayoritas pelajar atau yang berusia produktif. Makanya, kami terus melakukan sosialisasi-sosialisasi,” katanya.

Salah satu pengendara sepeda motor, Eko, mengaku senang dengan adanya program undian ini. Menurutnya, banyak warga akan termotivasi untuk tertib berlalu lintas demi mendapatkan kupon berhadiah tersebut.

‘’Bahkan mungkin warga yang sebelumnya tidak taat akan taat lalu mencari lokasi operasi demi mendapat kupon.’’ celetuknya.

   
Penulis: