Vespa Balap Indonesia (VBI), Arena Kebut-Kebutan Vespa di Tanah Air

 2443 views

Selain digunakan sebagai transportasi sehari-hari, ternyata juga bisa digunakan sebagai kendaraan balapan. Bahkan di , telah berdiri komunitas penggemar asal Italia tersebut yang ditujukan untuk balapan atau racing.

vespa balap indonesia – extremeina.com

 

Vespa Balap Indonesia atau biasa VBI, demikian nama komunitas tersebut, pertama kali mengadakan balap Vespa di Bandung. Dan hingga saat ini, VBI telah memiliki anggota lebih dari 200 starter yang terdiri dari berbagai kalangan, mulai pengusaha, PNS, pekerja bengkel Vespa, hingga mereka yang bergerak di bidang industri kreatif.

Sebelum ada Vespa Balap Indonesia, balap Vespa di Tanah Air sifatnya masih internal di kalangan pencinta Vespa. Balapan ini pertama kali digelar di Bandung dan hanya menjadi pengisi acara atau selingan (supporting race), bukan balap utama. Kondisi ini berlangsung hingga tahun 2011.

Kemudian, berangkat dari keinginan untuk memajukan olahraga balap Vespa di Tanah Air, beberapa pencinta kebut-kebutan Vespa dari Jabodetabek dan mengadakan sebuah pertemuan untuk merumuskan peraturan balap yang kemudian diterapkan di balap Vespa Indonesia. Setelah draf regulasi balap VBI disepakati, uji coba regulasi tersebut kemudian dikemas dalam suatu acara pada Desember 2011.

Tak disangka, animo penggila kecepatan Vespa tenyata cukup tinggi. Acara gladi resik itu sendiri diikuti lebih dari 150 starter.

Kemudian, dengan penggabungan beberapa bengkel dan tim balap seperti Sito Racing, Ayo ST 234, Setia Scooter Speed, Arayata Racing, hingga RAMS, event balap Vespa secara resmi berhasil dilaksanakan pertama kalinya pada awal tahun 2012. Event ini terbagi dalam lima kelas utama, yaitu Standard Pemula, Tune Up Pemula, Standard Open, Tune Up Open, dan FFA. Sementara kelas pendukung, di antaranya kelas PTS, Piaggio Matik, kelas Lambretta, hingga kelas Tua.

Kesuksesan gelaran pertama tersebut, kemudian dilanjutkan dengan event seri kedua yang dilaksanakan pada tanggal 28-29 April 2012. Disusul kemudian seri ketiga VBI Cup yang dilakukan pada tanggal 9 Juli 2012.

Dan kini, memasuki tahun keempat, VBI masih eksis menyelenggarakan event balap Vespa. Event VBI pada tahun 2016 dipusatkan di Sirkuit Sentul, Bogor dan dijadwalkan di bulan Maret, Mei, September, dan Desember.

   
Penulis: