Vins Bangkitkan Kembali Motor 2-Tak Berkapasitas 250cc

Sepeda-.info – Dalam dua dekade terakhir, dengan 2-stroke atau 2-tak memang kalah pamor dibandingkan dengan 4-langkah. Hal tersebut lantas membuat banyak pabrikan enggan merilis dengan knalpot ‘berasap’ tersebut. Namun, kabar menyebutkan bahwa sebuah perusahaan bakal merilis motor bermesin 2-stroke yang setara dengan motor balap GP250 di masa lalu.

Vins Duecinquanta, Motor 2-Tak 250CC – tempo.co

Dikutip Motorbox, sebuah perusahaan yang didirikan oleh insinyur Ferrari F1, Vins, sedang mengembangkan mesin 2-stroke yang setara dengan motor balap seperempat liter. Motor yang dinamakan Vins Duecinquanta tersebut diklaim bakal unik karena akan menerapkan injeksi pada mesin dua tak. Hal tersebut diambil untuk mengikuti regulasi di Eropa, sehingga kuda besi ini sudah dipastikan akan memiliki standar Euro4.

Menurut rumor yang beredar, Vins Duecinquanta, yang berarti berkapasitas 250cc, akan memiliki berat kurang dari 85 kilogram, atau lebih ringan daripada motor matik Jepang yang rata-rata berbobot 90 kilogram. Meski ringan, tenaga yang dihasilkan motor tersebut diklaim bisa menembus 80 HP yang sekaligus mengalahkan mesin balap GP250 di masa lalu yang rata-rata mencapai 65 HP. Selain itu, motor ini juga dikatakan bisa menembus kecepatan maksimal 250 kilometer per jam.

Perusahaan sendiri berencana menghadirkan Vins Duecinquanta dalam dua , yaitu balap dan jalan raya. Jika balap bakal dilepas dengan Rp800 jutaan (setara motor superbike 1.000cc), maka jalan raya ditawarkan dengan harga lebih murah, yaitu Rp640 jutaan. Meski demikian, Vins mengklaim jalan raya hanya mengalami sedikit pengurangan dari balap.

Sebenarnya, rencana Vins untuk menghadirkan kembali motor 2-tak ke industri bukan hal yang baru. Sebelumnya, pabrikan tersebut pernah mengembangkan mesin dua silinder, V-twin, dua tak dengan kapasitas 100cc pada tahun 2015 lalu. Motor tersebut juga memiliki berat yang ringan karena keseluruhan bodi terbuat dari material serat karbon.

   
Penulis: 

Tinggalkan pesan "Vins Bangkitkan Kembali Motor 2-Tak Berkapasitas 250cc" Batalkan balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *