Benelli 1200 GT Akhirnya Mengaspal, Tantang Honda Gold Wing

Sepeda-.info – Setelah beberapa tahun hanya sebatas rumor, merk asal yang kini berbau China, Benelli, akhirnya benar-benar merilis sepeda motor touring jumbo mereka, Benelli 1200 GT. Diluncurkan dalam perhelatan Chongqing Motor Show 2020, kuda besi ini disebut-sebut bakal menjadi pesaing sepadan bagi BMW R1250RT serta Gold Wing.

Benelli 1200 GT – www.bikesrepublic.com

Secara tampilan, desain yang dibawa Benelli 1200 GT memang tampak mirip dengan Honda Gold Wing. ini hadir dengan sistem suspensi depan upside down, kopling hidrolik, satu set rem buatan Brembo, pengapian push-start, pegangan tangan dan sadel berpemanas, dan spion yang dapat disetel secara elektronik.

Jok kulit hitam nampak besar sekaligus empuk, sedangkan punggung bisa disangga top box belakang. Fairing besar menyambung ke sisi hingga menutup area kaki pengendara, mengempas angin saat perjalanan jauh. Fitur windshield super tinggi bisa diatur secara elektronik. Sementara, soal pencahayaan, sorot sinarnya pasti cukup menerangi jalan gelap, sebab utama begitu besar dan sudah memakai teknologi LED serta DRL.

Di sisi dasbor, terlihat instrumen kemudi dengan pengukur rpm analog dan speedometer serta penutup plastik yang memberikan nuansa khas motor dari era 1990-an. Meski demikian, area cluster meter ini menyertakan tampilan . Bahkan, menurut bocoran Bike Social, motor tersebut juga membawa sepasang kamera depan dan belakang, walau belum dijelaskan bagaimana prosedur pemakaian fitur tersebut.

Sesuai lembar resmi, di bagian dapur pacu, Benelli 1200 GT menggendong berkapasitas 1.200cc, dilengkapi pendingin cairan, dan merupakan versi upsized dan upgrade dari 1.130cc inline-triple Benelli Tornado dan Tre-K. Dengan modal tersebut, motor ini dikatakan sanggup memuntahkan tenaga maksimal 134 HP pada putaran 9.000 rpm dan meraih torsi puncak 120 Nm pada putaran 6.500 rpm.

Sayangnya, pihak pabrikan belum memberikan bocoran kapan sepeda motor ini akan diproduksi dan dijual dengan harga berapa. Namun, Benelli 1200 GT diharapkan akan tersedia pada awal tahun 2021 mendatang. Patut dinantikan, apakah moge anyar itu akan menjadi pesaing sepadan bagi Gold Wing yang reputasinya sudah tidak perlu dipertanyakan atau tidak.

Baca juga:   Suzuki GSX-R125 Usung Livery MotoGP, Rilis Juli 2020
   
Penulis: