Motor Listrik Honda U-GO Sudah Didaftarkan di Indonesia, Kapan Rilis?

 136 views

Jakarta – PT Astra rupanya diam-diam sedang menyiapkan sepeda untuk dipasarkan di Tanah Air. Hal ini terungkap lewat sosok motor baru Honda U-GO yang rupanya sudah mulai didaftarkan di Indonesia. Desain tersebut sudah terdaftar di Pangkalan Data Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI.

Motor Honda U-GO – kompas.com

“Paten desain motor listrik yang mirip dengan Honda U-GO itu sudah dilindungi sejak 19 Agustus 2021. Dalam deskripsi kegunaan produk, desain yang diajukan termasuk dalam alat transportasi berupa motor skuter,” demikian seperti dilansir Detik. Adapun pemohonnya adalah Honda Motor Co., Ltd yang beralamat di Tokyo, Jepang. Sedangkan desainernya adalah Maxime Thouvenin dari Prancis dan Xin Yuan dari China.

Baca juga:   Tertangkap Kamera, Aprilia Tuono 660 Segera Rilis di Indonesia?

Desain motor yang didaftarkan Honda tersebut sekilas mirip Honda U-GO yang telah dipasarkan di China. Body-nya memiliki kompak dengan banderol yang memang diposisikan untuk segmen entry level atau pemula. Di Negeri Tirai Bambu sana, Honda U-GO dijual dengan harga CNY7.499 atau sekitar Rp16,6 juta. Skutik elektrik tersebut dapat disetarakan dengan skuter matic yang banyak dipasarkan di Indonesia. Bahkan, harga Honda U-GO setara dengan Honda BeAT yang dibanderol mulai Rp16.665.000.

Baca juga:   Suzuki Address FI Ganti Baju, Harga Tetap

Desain Honda U-GO sendiri mirip dengan skutik Honda Genio yang telah mengaspal di Indonesia dengan harga Rp17 jutaan. Hal ini terlihat dari wujud lampu yang kotak, tetapi dibentuk dengan lebih dari empat sudut. Posisi berkendaranya juga dibuat layaknya skuter matik pada umumnya, dengan ruang pijakan kaki yang lega.

Honda U-GO tersedia dalam 2 , yaitu reguler dan low speed ( rendah). Model standar mempunyai motor hub bertenaga 1,2 kW, dengan tenaga puncak 1,8 kW, dan top speed 53 km/jam. Sedangkan model yang lebih pelan dibekali tenaga 0,8 kW, dengan tertinggi 43 km/jam. Kedua model itu sama-sama menggunakan lithium-ion yang bisa dilepas dengan kapasitas maksimum 1,44 kW. pun dapat diupgrade ke daya yang lebih besar, sehingga jangkauan jarak tempuh dapat dimaksimalkan dari 65 km menjadi 130 km.

Baca juga:   Motor Listrik Viar Q1 Hadir dengan Warna Baru, Siap Dipasarkan Desember 2017
   
Penulis: