Jadi Ancaman Buat CRF250 Rally, Benelli Rilis Motor Adventure Keren BKX 250

Jakarta – Mengawali tahun 2023, pabrikan Benelli memperkenalkan di kelas adventure, yakni Benelli BKX 250. Motor petualang ini disebut-sebut menjadi pesaing berat dari KTM 250 ADV dan Honda CRF250 Rally.

Benelli BKX 250 – (www.topgear.com.ph)

Jika dilihat dari tampilannya, motor yang menyasar segmen entry level ini cocok untuk pemula. Selain itu, Benelli BKX 250 memiliki garis yang berbeda dari jajaran Benelli TRX yang telah dirilis sebelumnya. Tampilan Benelli BKX 250 terlihat ramping dan sporty seperti motor enduro rally pada umumnya.

Bedanya, motor adventure Benelli BKX 250 memiliki desain yang futuristik, seperti penyematan headlamp LED proyektor ganda vertikal yang membuat tampangnya terkesan seperti robot. “Bentuk , area tangki hingga buritannya punya garis tegas, hingga memberikan kesan kokoh dan tangguh,” demikian seperti dilansir dari Gridoto.

Benelli BKX 250 mengusung mesin 1 silinder dengan 249 cc DOHC, 4 katup, dengan manual 6 percepatan. Mesin Benelli BKX 250 tersebut diklaim mampu menyemburkan tenaga sebesar 26 dk dan torsi maksimum 21 Nm.

Kemudian, rangka motor Benelli BKX 250 menggunakan tipe trellis yang dipadukan dengan travel panjang tipe upside down di depan dan belakang monoshock dengan setelan preload. Di sektor pengereman, Benelli BKX 250 memakai rem cakram kaliper 4 piston di depan dan 1 piston di belakang yang ditunjang dengan pengereman ABS (anti-lock braking system) dual channel.

Seperti motor adventure di pasaran, postur motor Benelli BKX 250 terlihat jangkung dengan posisi knalpot tinggi di samping ada handguard juga di setang. Benelli BKX 250 dilengkapi panel instrumen digital, port USB, dan kapasitas tangki bensin mencapai 13,5 liter.

Sepeda motor Benelli BKX 250 hadir dalam 2 tipe, yakni Benelli BKX 250 yang menggunakan velg jari-jari dengan ban pacul dan Benelli BKX 250 dengan velg cast wheel dan ban untuk jalanan aspal. Sayangnya, detail dan harga motor ini masih belum dirilis. Tetapi, berdasarkan kabar yang beredar rupanya Benelli BKX 250 akan dipasarkan terlebih dahulu di Asia.

Baca juga:   Yamaha MT-07 ABS Terima Ubahan Minor, Segini Harganya
   
Penulis: