BMW Luncurkan Motor Touring Anyar R 18 B & Transcontinental

 95 views

Jakarta – Tahun 2020 lalu, Motorrad Global telah meluncurkan sepeda bagger BMW R18. tersebut pun baru saja memperoleh tambahan baru bernama BMW R 18 Transcontinental dan R 18 B pada Kamis (29/7).

BMW R 18 B – bahamas.kivazen.com

“Tidak ada ruang untuk udara panas. Anda bisa melihatnya, mendengar dan merasakannya. Andalkan (torsi) yang lebih dari 150 Nm, kapan saja, antara 2.000 hingga 4.000 rpm sebagai torsi tinggi yang konsisten dikembangkan sesuai cara pengembangan boxer,” klaim BMW di situs resminya, seperti dilansir Otosia.

BMW juga menyebutkan peran lain terletak pada gardan. Motor yang terkenal berkat gerak layaknya mobil berpenggerak roda belakang ini memakai gardan berlapis nikel untuk meneruskan gerak dari mesin berkapasitas 1.802 cc-nya. BMW sendiri sengaja merilis R18B untuk memperkuat kembali sejarah panjang BMW sebagai motor touring.

“R 18 B menyatukan kekuatan penuh dengan sejarah touring BMW Motorrad dan karakter emosional dari keluarga R 18. Ujung depan yang besar menampilkan panel trim pada setang dan kaca depan yang rendah sudah menunjukkan karakter yang kuat,” imbuhnya.

Sepeda motor BMW R 18 Transcontinental dan R 18 B memakai basis mesin dan sasis dari R18 basic. Guna menegaskan konsep transcontinental dan bagger-nya, BMW memasang fairing depan yang lengkap dengan windshield, wind deflector, dan flaps. Di balik fairing tersebut juga ada instrumen kluster yang lebih canggih dari R18 standar. Layar selebar 10,25 inci yang sudah TFT berwarna dipadukan dengan sound system Marshall untuk melengkapi aspek hiburan selama perjalanan. Ada juga lain seperti engine protection bars, top cases, side box, sampai seat heating.

Yang lebih menarik lagi, kedua motor tersebut ditunjang Dynamic Cruise Control dan Active Cruise Control yang bisa membuat motor berakselerasi dengan sendirinya. Perbedaan utama antara R18 Transcontinental dan R18 Bagger adalah aksesorisnya. Transcontinental dilengkapi wind shield berukuran tinggi dan aksen chrome yang dominan, serta top cases yang bisa dijadikan sandaran pembonceng. Sedangkan versi Bagger, hadir dengan wind shield yang rendah dengan sentuhan serba hitam di kaki-kakinya.

Adapun BMW R 18 Transcontinental di Jerman dibanderol mulai 27.650 euro atau sekitar Rp475 jutaan. Sedangkan BMW R 18 B harganya mulai 26.600 euro atau setara dengan Rp457 jutaan per unit.

Baca juga:   Alta Motors Segera Pamerkan Redshift ST, Motor Trail Tenaga Listrik
   
Penulis: