Resmi Dirilis, Segini Harga Harley Davidson Pan America 1250

 505 views

Sepeda-.info – Setelah sempat dipamerkan dalam gelaran EICMA 2019 silam, pabrikan otomotif asal Amerika, Harley Davidson, akhirnya meluncurkan Pan America 1250 edisi 2021. Walau mengusung penampilan yang sebenarnya tidak terlalu istimewa, perusahaan menghadirkan surprise di bagian dapur pacu dengan menerapkan Revolution Max V-twin yang diklaim dapat meletupkan tenaga hingga 150 HP.

Harley Davidson Pan America 1250 – www.cycleworld.com

Hadir di segmen adventure untuk menantang BMW GS Series dan 1290 Super Adventure, Pan America 1250 membawa mesin Revolution Max berkapasitas 1.250cc, pendingin cairan, 60 derajat V-twin, yang kemungkinan akan diterapkan pula pada Sportster. Dengan komposisi tersebut, sepeda motor ini diklaim mampu mengeluarkan daya maksimal 150 HP dan menggapai torsi puncak di angka 127 Nm pada putaran 9.500 rpm.

Baca juga:   Paten Beredar, Honda Bakal Segera Produksi Motor Roda Tiga Neowing?

Untuk mendukung kenyamanan berkendara, Harley Davidson memilih memakai struktur rangka teralis material baja HSLA yang dilas MIG. Sasis tengah, swing arm, dan tangki berbahan alumunium. Sementara, penutup mesin menggunakan material magnesium, yang hanya dua pertiga dari berat aluminium. Keuntungan bahan ini yaitu mengurangi dan meningkatkan kekakuan rangka secara keseluruhan, dengan berat diklaim mencapai 228 kg.

Baca juga:   Cuma Rp15 Jutaan, Negara Ini Ternyata Masih Jual Honda GL Max

Tidak cuma itu, ada sistem on-board yang dapat mendeteksi saat motor direm hingga berhenti dengan mulus, sehingga mengurangi ketinggian pengendaraan hingga 2 inch, tergantung setelan. Ketika kuda besi bergerak lagi, ia terangkat kembali ke ketinggian pengendaraan yang optimal, tanpa harus melakukan apa pun. Perusahaan mengklaim bahwa mereka yang pertama yang memakai tersebut.

Selain suspensi yang smart, Pan America 1250 juga mengusung fitur canggih lainnya. Sepeda motor ini dibekali dengan dashboard yang memakai layar sentuh TFT 6,8 inch, dudukan yang dapat dimiringkan, kaca anti-reflektif untuk panel, serta navigasi melalui Bluetooth dan aplikasi. Sementara itu, pencahayaan sudah menggunakan teknologi LED melalui lampu depan adaptif.

Baca juga:   BMW M 1000 RR Mengaspal di Indonesia, Harganya Bikin Gigit Jari!

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk bisa meminang Pan America 1250? Harley melepas kendaraan ini dengan harga mulai 17.319 dolar AS atau sekitar Rp244 jutaan untuk Standard dan 19.999 dolar AS atau setara Rp282 jutaan untuk Special. Sebagai perbandingan, BMW R1250 GS ditawarkan 17.995 dolar AS, sedangkan KTM 1290 Super Adventure dilepas 18.599 dolar AS.

   
Penulis: