Motor Listrik Honda EM1 e: Segera Rilis, Indonesia Kebagian?

 420 views

Jakarta kabarnya akan menghadirkan sepeda pertama mereka, EM1 e: untuk pasar Jepang dalam waktu dekat ini. elektrik tersebut dipercaya akan jadi lini elektrifikasi pertama untuk Honda. Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Apakah (AHM) juga bakal meluncurkan anyar tersebut di Tanah Air?

Motor Honda EM1 e: (Sumber : kompas.com)

AHM sebelumnya telah mengumumkan roadmap motor listrik mereka untuk tahun ini. Setidaknya ada 2 motor listrik yang bakal diboyong dan diproduksi di Indonesia tahun 2023. Nantinya, akan ada 7 motor listrik yang siap diluncurkan oleh AHM secara bertahap mulai 2023 sampai 2030. Walaupun masih merahasiakan motor listrik apa yang akan diluncurkan dalam waktu dekat, namun satu yang hampir pasti adalah EM1 e:.

Baca juga:   PT AHM Kembangkan Motor Sport All New Honda CBR250RR Versi Balap

Hal ini terungkap dari dokumen “Summary of 2023 Honda Business Briefing – Honda’s corporate transformation initiatives including electrification”. Di sana diumumkan bahwa EM1 e: akan diluncurkan dengan skema tukar sebelum akhir tahun ini.

“Honda akan meluncurkan EM1 e: listrik yang dilengkapi dengan Honda Mobile Power Pack e: baterai yang dapat ditukar di Jepang, Eropa, dan Indonesia sebelum akhir 2023,” demikian bunyi dokumen tersebut seperti dilansir dari laman resmi Honda Global.

Baca juga:   TVS Ronin 225 Resmi Meluncur di Indonesia, Segini Harganya

Nama Honda EM1 e: sendiri juga memiliki arti. Pertama adalah EM yang berarti ‘electric moped’, kemudian angka 1 yang menandakan skuter listrik pertamanya, dan e: merupakan tanda dari kendaraan listrik Honda. Honda EM1 e: akan dipasangi baterai Lithium-ion berkapasitas 50 V 29,4 Ah yang bisa ditukar atau swap pada Honda Mobile Power Pack e:. Baterai tersebut mempunyai bobot 10,3 kg dengan dimensi panjang 298 mm, lebar 177 mm, dan tinggi 156 mm.

Baterai Honda EM1 e: dilengkapi pengisian Single-phase AC100-240V 50/60Hz. Durasi pengisian 6 jam dari 0-100 persen. Sedangkan pengisian dari 25-75 persen hanya butuh waktu 2,7 jam. Ini memungkinkan baterai untuk dicas sebanyak 2.500 kali.

Baca juga:   Hadir dengan Warna-Warni Premium, TVS Callisto Kini Sudah Berteknologi Injeksi

Selain itu, Honda EM1 e: dibekali motor penggerak In-wheel 3 phase brushless motor yang diklaim mampu mengeluarkan tenaga 1,7 kW dan puncak 90 Nm. Motor listrik itu dapat melaju dengan tertinggi 45 km/jam, sedangkan dalam kondisi baterai penuh dapat menempuh jarak 30 km.

Di bagian kaki-kaki, Honda EM1 e: ditunjang oleh suspensi teleskopik pada bagian depan dan shock ganda di belakang. Roda depan memakai velg 12 inci dibalut ban ukuran 90/90, sedangkan belakang menggunakan ukuran 10 inci dengan ban 100/90.

   
Penulis: