Bakal Rilis Waktu Dekat, Suzuki Goda Penggemar Lewat Video Teaser Hayabusa 2021

Tokyo – Pabrikan sepeda ternama asal Jepang, Suzuki sejak beberapa waktu lalu santer diisukan bakal merilis generasi dari dalam ajang pameran Suzuki Motorcycle Global Salon pada tanggal 5 Februari 2021 depan. Suzuki teranyar digadang-gadang bakal mengaspal bareng GSX-R1000 dalam pameran tersebut.

Foto : Video Teaser Suzuki Hayabusa 2021 – tribunnews.com

Menjelang perilisan motor kencang tersebut, Suzuki menggoda para penggemar dengan mengunggah video teaser Hayabusa lewat akun YouTube resmi Suzuki Global pada 28 Januari 2021 lalu. Dalam video singkat berdurasi 25 detik tersebut, Suzuki Hayabusa tampak mempunyai instrument cluster yang sama seperti generasi sebelumnya.

Baca juga:   Kelemahan Motor dengan Sistem Injeksi

Kemudian, bagian speedometer dan tachometer juga masih mengusung desain analog, belum digital. Motor tersebut tampak dipacu di sirkuit. Suara raungan mesinnya terdengar begitu intimidatif dan dari tampilan speedometer terlihat bahwa kecepatan motor hampir menyentuh 300 km per jam. Kecepatan tersebut diyakini belum digeber maksimal. Pasalnya, takometer kitiran RPM tampak belum mencapai zona merah, sehingga kecepatan Suzuki Hayabusa masih dapat dimaksimalkan lagi.

“Suzuki Hayabusa generasi terbaru kemungkinan akan menggunakan 1.440 cc. ini mampu menghasilkan tenaga sekitar 200 Hp. Dan pastinya, Suzuki Hayabusa 2021 akan mengincar kecepatan 300 km/jam seperti di generasi-generasi sebelumnya,” demikian seperti dilansir Gaadiwaadi melalui Otosia.

Baca juga:   Yamaha New V-ixion Advance Usung Kostum Baru, Harga Tetap

Sebagai informasi, Suzuki Hayabusa generasi lama sempat dinobatkan sebagai motor komersial pertama yang kecepatannya mencapai 321 km per jam. Sayangnya, Suzuki terpaksa menyuntik mati Hayabusa lantaran tersandung masalah standar emisi gas buang terbaru. Meski demikian, Suzuki masih belum menyerah untuk mengembangkan Hayabusa generasi baru yang menyesuaikan dengan standar emisi anyar.

Pengembangan Hayabusa generasi baru pun kabarnya telah dilakukan dari beberapa tahun silam. Bahkan pada awal tahun 2020 Suzuki sudah mematenkan desain Hayabusa. () ini digadang-gadang bakal memakai konfigurasi mesin 4-silinder inline, namun kapasitasnya ditingkatkan menjadi 1.440 cc.

Baca juga:   Catat Tanggalnya, Kawasaki Ninja ZX-25R Akhirnya Mengaspal di Indonesia

Jantung pacu tersebut tentunya akan dipadukan dengan pembuangan baru, sehingga emisi gas buangnya makin rendah dan sesuai standar yang berlaku. Oleh sebab itu, Suzuki menyematkan 2 catalytic-convertors di bagian bawah. Lalu, gearbox Hayabusa pun akan berubah dari yang awalnya memakai manual 6 speed menjadi semi-automatic. Dengan sejumlah ubahan pada bagian sasis dan lainnya, Hayabusa generasi 2021 kemungkinan memiliki bobot yang tak jauh berbeda dari sebelumnya, yaitu sekitar 266 kg.

   
Penulis: