Yamaha Hadirkan Skutik Hybrid Anyar Ray ZR, Harga Rp14 Jutaan

Jakarta asal Jepang, merilis sepeda teranyar dari segmen matic hybrid di India. Motor keren ini dinamakan Yamaha Ray ZR Hybrid. Sesuai namanya, Yamaha Ray ZR Hybrid mengandalkan tenaga dari combustion engine serta ditunjang dengan motor listrik yang dapat membantu ketika proses akselerasi.

Yamaha Ray ZR Hybrid – www.team-bhp.com

“Ray ZR Hybrid tentunya membawa keunggulan berupa Hybrid. ini menggabungkan mesin konvensional dengan motor listrik atau dinamo sebagai penyuplai tenaga tambahan,” demikian seperti dilansir dari laman Indianautosblog melalui Detik.

Skutik keren ini dilengkapi fitur Smart Motor Generator (SMG) System yang mendapat fungsi tambahan dari Hybrid System, di mana SMG tersebut berfungsi sebagai motor listrik untuk memberi Power Assist ketika motor berakselerasi dari posisi berhenti. Kemudian, saat putaran mesin (rpm) melebihi level yang ditetapkan atau 3 detik setelah start, maka fungsi Power Assist akan mati.

Guna mengetahui apakah fitur tersebut bekerja atau tidak, disertakan lampu indikator pada instrument cluster yang akan menginformasikan pada pengendara ketika Power Assist (Hybrid System) beroperasi. Adanya tenaga bantuan dari motor listrik tersebut kabarnya akan membuat motor lebih bertenaga, terutama saat digunakan berkendara di jalan yang menanjak.

Untuk urusan jantung pacu, Yamaha Ray ZR Hybrid dibekali mesin berkapasitas 125 cc, injeksi, yang diklaim dapat menghasilkan tenaga 8,2 PS pada 6.500 rpm dan torsi maksimum 10,3 Nm pada 5.000 rpm. cakram dan Street Rally Yamaha Ray ZR pun ditunjang dengan fitur aplikasi Yamaha Motorcycle Connect-X Bluetooth yang dapat dikoneksikan ke smartphone pengendara. Fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi itu antara lain Answer Back, Locate my Vehicle, Riding History, Parking Record, dan Hazard.

Jika dilihat dari segi tampilan, Yamaha Ray ZR Hybrid mempunyai bodi yang mungil, tetapi cenderung bongsor. Motor tersebut dipasangi sejumlah fitur modern seperti lampu depan LED, lalu panel instrumen full . Pada Street Rally, ada tambahan berupa pelat logam, wheel stripe, brush guard, dan block pattern tyres. Di Negeri Hindustan sana, Yamaha Ray ZR Hybrid dijual dengan mulai INR76.830 atau sekitar Rp14,8 juta.

Baca juga:   KTM 1190 Adventure, Motor Buat Para Petualang Sejati
   
Penulis: