Bangkit Kembali, Mulai Tahun 2019 Cagiva Fokus Bikin Motor Listrik

 265 views

Varese – Setelah lama tidak terdengar kabarnya, pabrikan motor ternama asal Italia, Cagiva rupanya mengumumkan hal yang cukup mengejutkan. ini kabarnya akan mengalami restrukturisasi dan mulai tahun 2019 mendatang akan fokus memproduksi sepeda motor bertenaga .

Cagiva – www.motorcycle.com

Merek legendaris yang dibangun oleh CEO MV Agusta, Giovanni Castiglioni ini berencana memproduksi motor pertama mereka dari segmen trail bertenaga listrik. Motor itu pun nantinya akan berhadapan dengan serupa besutan KTM. “Saya percaya dengan kendaraan listrik. Kendaraan ini memiliki potensi yang bagus. Kami tengah menggarap proyek tentunya dengan brand lain (Cagiva),” kata Castiglioni, seperti dilansir Asphaltandrubber.

Castiglioni juga menegaskan jika ke depannya Cagiva difokuskan untuk motor listrik berkapasitas kecil. Menurut Castiglioni, prospek motor listrik di masa depan cukup menjanjikan. Akan tetapi motor yang diklaim ramah lingkungan tersebut nantinya tak akan mengusung sumber tenaga yang berlimpah layaknya motor konvensional.

Castiglioni pun mengaku telah melakukan investasi lantaran menilai potensi pasar motor listrik cukup cerah. “Kita lihat dalam lima tahun pasar akan berubah, ini kesempatan,” ucap Castiglioni. Nantinya Cagiva akan dikhususkan menggarap segmen sepeda motor off road, sedangkan MV Agusta sebagai perusahaan induknya akan memproduksi motor jenis on road, sehingga tidak akan ada persaingan pada kedua merek terkenal dari Italia ini.

Bangkitnya Cagiva pun disusul dengan pengenalan logo baru. Cagiva diketahui tetap mengusung logo yang sesuai ciri khasnya, yakni gambar gajah namun dengan modifikasi saja. Di , nama Cagiva mungkin tidak terlalu populer lantaran jumlah unit motor Cagiva pun cukup terbatas. Apalagi karena Cagiva merupakan produk impor dari Italia dan dijual oleh Importir Umum (IU), sehingga bukan hal yang aneh bila produk-produk Cagiva dijajakan dengan harga yang mahal.

Tahun 90-an, motor Cagiva Mito 125 cc pernah meluncur di Sirkuit Sentul untuk balapan kelas sport 140 cc dengan RX-King. Motor tersebut terkenal mengusung performa mengagumkan dengan suspensi dan pengereman yang andal. Di era 80-an, Cagiva pernah berjaya serta membeli dan MV Agusta. Akan tetapi kini kondisinya berbalik dengan posisi Cagiva ada di bawah pengelolaan MV Agusta.

   
Penulis: