Cuma Ada 40 Unit, BMW Motorrad Bikin Motor Edisi Khusus Urban G/S Dakar Series

Jakarta – Pabrikan asal Jerman, BMW Motorrad rupanya berupaya untuk memperluas lini R Nine T mereka. Ada sejumlah tipe di kategori tersebut, mulai dari racer sampai berjenis scrambler. R Nine T sendiri memang sengaja terus dikembangkan guna memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan dalam berkendara.

BMW R Nine-T Urban G/S Dakar Series – www.motoplanete.com

Tak hanya memproduksi 5 varian keluaran pabrik saat ini, BMW Motorrad juga kerap merilis edisi spesial di sejumlah kesempatan yang berbeda. Nah, yang paling baru, BMW Motorrad rupanya merombak total tampilan pada motor RNineT/5 dan kini mengusung nama Urban G/S Dakar Series.

Motor teranyar BMW Urban G/S Dakar Series sengaja diluncurkan sebagai wujud penghormatan terhadap Hubert Auriol yang sebelumnya telah memenangkan ajang reli Paris Dakar kategori sepeda motor tahun 1981 dan 1983 silam. motor yang dipakai oleh Auriol kala itu, yakni BMW R80 G/S yang dijadikan inspirasi oleh BMW Motorrad untuk merancang tampilan motor edisi spesial Urban G/S Dakar Series.

“Rancangan pada komponen di bodinya pun terlihat menyesuaikan tampilan motor legendaris. Seperti, penggunaan velg depan dengan lapisan emas, pelapis katup bernuansa perak, hingga pembaruan lapisan penutup samping mesin, dan jok tunggal pengendara,” demikian seperti dilansir Okezone.

Pada bagian tangki bahan bakar motor BMW Urban G/S Dakar Series menggunakan dominasi warna putih yang dihiasi aksen warna biru serta tulisan warna kuning untuk bagian logo Urban G/S. Penyematan nomor 83 di bagian belakang motor pun dimaksudkan untuk pengingat tahun kemenangan sang pembalap di ajang rally lintas benua tersebut.

Yang lebih menarik lagi, tiap pemilik motor edisi khusus tersebut juga akan memperoleh plakat khusus yang dibubuhi tanda tangan Auriol di bagian tangki. Pasalnya, unit BMW R Nine T Urban G/S Dakar Series special edition ini hanya diproduksi terbatas sebanyak 40 buah saja di seluruh dunia. Namun sayang, kendaraan tersebut hanya bisa dibeli lewat fasilitas penjualan di Perancis, negara asal Auriol. Harganya juga cukup fantastis, yakni dibanderol USD20.700 atau setara Rp293 juta.

   
Penulis: