TVS Bakal Produksi Kendaraan Roda Tiga Bertenaga Listrik di Indonesia

Jakarta – Setelah lama menyasar pasar sepeda roda dua, mulai tahun 2017 mendatang PT TVS Company (TMCI) akan mulai menjajaki segmen kendaraan roda tiga. Motor roda tiga tersebut bukan untuk kendaraan pribadi, melainkan untuk kebutuhan komersial angkutan barang maupun penumpang.

TVS – otomotif.kompas.com

 

Selain menyiapkan dengan bahan bakar dan compressed natural gas (CNG), atau kombinasi dari kedua bahan bakar tersebut, TVS Indonesia juga akan mempersiapkan varian bertenaga . bermesin listrik itu rencananya bakal diproduksi dalam negeri.

“Tren kendaraan ke depan memang ke arah sana, di mana ramah lingkungan. Kendaraan roda tiga listrik ini juga belum ada di , jadi benar-benar produk baru yang akan dihasilkan,” kata Rio Aditya, Public Relations Manager PT TMCI, Selasa (27/12).

Meskipun baru sebatas rencana, rupanya Kemenperin pun mengapresiasi upaya TVS Indonesia tersebut. “Iya TVS, baru memperkenalkan program kendaran roda tiga listrik, belum ada data kongkret. Mereka hanya mengatakan bahwa akan fokus pada kendaraan roda tiga, dan mereka ingin kembangkan versi listriknya,” kata Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat dan Elektronika (ILMATE), I Gusti Putu Suryawirawan.

Menurut Rio, realisasi kendaraan roda tiga mirip bajaj tersebut memang masih belum bisa dilakukan dalam waktu dekat. Meski demikian, pihaknya telah mengunjungi Kementerian Perindustrian untuk membahas hal tersebut.

“Iya berkunjung ke sana, tetapi hanya presiden direktur kami bersama dengan tim riset dan pengembangan. Terkait informasi lainnya masih belum bisa kami share. Pastinya kalau sudah dapat izin dan lulus pengetesan akan kami produksi di sini,” ungkap Rio.

“Jika hasil riset dan pengembangannya dianggap layak, baru dimasukkan ke Kemenperin, jadi tidak main-main,” tandasnya.

   
Penulis: