Ducati Diavel Cromo, Cruiser Elegan plus Sangar

 396 views

Jika Anda mengaku sebagai penggemar , Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan varian Diavel. Diavel merupakan cruiser kedua yang diproduksi pabrikan asal Italia setelah model Indiana yang meluncur dalam rentang tahun 1986 hingga 1990. Ducati Diavel pertama kali melakukan debut internasional pada November 2011 di ajang EICMA yang berlangsung di Milan.

Ducati Diavel Cromo – www.diavel-forum.com

Proyek Ducati Diavel ini dimulai di bawah kepemimpinan kepala desain Ducati, Pierre Terblanche, yang menugaskan Glynn Kerr, desainer freelance dan kolumnis desain untuk Motorcycle, guna menghasilkan sketsa konsep awal. Di AS, kebanyakan pembeli Diavel adalah pengendara yang berada di usia 50 tahun atau lebih, dengan banyak perempuan yang lebih tertarik dibandingkan biasanya. Beberapa pemilik Harley Davidson, terutama pengendara V-Rod, juga diketahui membeli cruiser ini.

Ducati Diavel sendiri hadir dalam beberapa varian, di antaranya model Carbon dan juga model Chrome (atau Cromo). Khusus untuk model Ducati Diavel Cromo, sesuai namanya, motor ini memiliki bodi sangar yang dilapisi chrome sehingga mengesankan aura elegan dan mewah. Motor ini sendiri pertama kali dipasarkan pada tahun 2012 dan ditujukan langsung untuk di Negeri Paman Sam.

Sebenarnya, model Ducati Diavel Cromo cukup membuat gempar pencinta merek Ducati karena mereka tidak percaya bahwa pabrikan tersebut memproduksi cruiser bike dengan ban belakang hanya berdiameter 240 mm. Namun, kekhawatiran mereka seketika hilang ketika motor ini memulai debut di Spanyol pada tahun 2011.

Selain perbedaan di bagian bodi yang dilabur chrome (terutama tampak menonjol pada bagian panel tangki dan bingkai teralis), secara umum, model Diavel Cromo masih mengusung yang mirip dengan model Diavel standar. Motor ini juga menggendong mesin Testastretta 11 derajat L-Twin, 4 Desmodromically actuated valves per cylinder, liquid-cooled, berkapasitas 1.198,4cc. Dengan modal tersebut, Diavel Cromo mampu menyemburkan tenaga maksimal 119 kW pada putaran 9.250 rpm dan torsi puncak menembus 130,5 Nm pada putaran 8.000 rpm.

Karena merupakan varian mewah, Ducati pun tidak lupa menyematkan berbagai fitur modern pada motor ini. Diavel Cromo telah dilengkapi dengan pengereman ABS (Anti-lock Brake System), Ducati Traction Control (DTC), dan mode berkendara (, Touring, Urban). Sementara, tugas suspensi ditangani oleh garpu upside down 500 mm dari Marzocchi di bagian depan.

Ketika pertama kali diperkenalkan, Ducati Diavel Cromo hadir dalam warna gloss hitam yang kontras dengan warna silver di bagian stripping. Satu unit motor ini ditawarkan dengan mulai USD 21.000. Berikut spesifikasi teknis Ducati Diavel Cromo.

Mesin Testastretta 11 derajat L-Twin, 4 Desmodromically actuated valves per cylinder
Kapasitas Mesin 1.198,4cc
Diameter x Langkah 106 x 67,9 mm
Rasio Kompresi 12,5:1
Daya Maksimum 119 kW @ 9.250 rpm
Torsi Maksimum 130,5 Nm @ 8.000 rpm
Sistem Pendinginan Liquid-cooled
Sistem Bahan Bakar Electronic fuel injection
Transmisi 6-speed
Rangka Tubular steel frame
Suspensi Depan Upside down 50 mm
Suspensi Belakang Single-sided aluminium swing arm
Ban Depan 120/70-ZR17
Ban Belakang 240/45-ZR17
Rem Depan Dual semi-floating disc 320 mm, 4-piston, ABS
Rem Belakang Single disc 265 mm, 2-piston, ABS
Berat Kosong 210 kg
Tinggi Jok 770 mm
Jarak Sumbu Roda 1.580 mm
Kapasitas Bahan Bakar 17 L
Tipe Jok Dual seat
   
Penulis: