Skuter Legendaris Cezeta Kembali Hadir dengan Teknologi Canggih

 1318 views

-.info – Untuk menandai perjalanannya yang ke-60 tahun di industri otomotif global, pabrikan asal Cekoslovakia, Zbrojovka Strakonice (lebih dikenal sebagai CZ), meluncurkan elektrik, Cezeta 506, yang memiliki mirip dengan era tahun 1950-an dan 1960-an. Uniknya lagi, bertenaga ini juga telah dilengkapi dengan gearbox mundur, serta teknologi tercanggih.

Skuter Cezeta – youtube.com

Seperti diberitakan Cezeta Motors, skuter Cezeta 506 masih mempertahankan desain asli yang dibawa 501 dan 502 pada era tahun 1950 hingga 1960-an, termasuk bodi skuter dari steel monocoque. Namun, berbeda dengan mesin asli, terbaru ini telah didukung dengan teknologi terkini serta aplikasi smartphone, charger USB, speaker Bluetooth, dan pencahayaan undercarriage.

Di bagian jantung pacu, Cezeta new generation ini menggendong three-phase brushless motor di bagian hub belakang, yang terhubung pada -packĀ 5 hingga 10 kWh Lithium iron Yttrium Phospahate (lifeYPO4). Dengan modal tersebut, kendaraan ini mampu menumpahkan tenaga maksimal 11 kW atau 14,8 HP dan puncak menembus 120 km per jam, serta akselerasi dari 0 hingga 60 km hanya 3,2 detik.

Cezeta terbaru juga dibekali dengan empat peta dinamis Selector yang memungkinkan pengendara untuk mengatur keluaran torsi untuk kecepatan penuh, mode kota, atau modus hujan. Di samping itu, dengan Cezeta mobil app, pengendara juga dapat mengetahui informasi jarak tempuh, serta bisa memainkan musik melalui built-in Bluetooth speaker.

Untuk saat ini, Cezeta 506 masih tersedia di pasar Uni Eropa, dan berencana untuk meluaskan pasar ke Amerika Serikat, Australia, dan Asia pada tahun 2018 mendatang. Rencana awal, skuter tersebut akan hadir dalam pilihan untuk sewa atau membeli baterai, dengan harga awal sekitar USD 8.200 dengan baterai disewakan.

   
Penulis: