Paten Beredar, Honda Bakal Segera Produksi Motor Roda Tiga Neowing?

 924 views

Sepeda-.info – Pabrikan diberitakan tak lama lagi bakal memproduksi Neowing, sebuah three-wheeler atau roda tiga yang konsepnya telah diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show tahun 2015 lalu. Pasalnya, baru-baru ini desain paten dari Neowing telah tersebar yang menunjukkan bahwa motor tersebut akan mengusung supercharged sebagai standar.

Neowing concept – .metrotvnews.com

Seperti dikutip dari Morebikes, dalam dokumen paten tersebut, Neowing tidak disebutkan bakal mengusung mesin hybrid kombinasi listrik dan mesin bakar konvensional, seperti ketika sosoknya pertama kali dipamerkan. Beberapa kalangan malah meyakini bahwa motor ini akan membawa mesin enam silinder milik Goldwing.

Dalam bocoran gambar yang beredar, intake untuk supercharger dialirkan dari hidung Neowing, melalui bagian bahu dan menuju kotak filter udara. Sementara, penempatan unit supercharged-nya disembunyikan di celah tangki bagian bawah. Lebih lanjut, dalam desain itu memperlihatkan saluran pelumasan dan pendinginan mesin, serta menunjukkan bagian aliran menuju supercharged.

Dengan desain yang begitu rinci dan foto utuh, tidak mengherankan jika banyak pihak yang kemudian yakin bahwa model Honda Neowing akan diproduksi paling lambat tahun 2018 mendatang. Tetapi, mengenai mesin supercharged, tampaknya akan diterapkan pada model superbike terlebih dahulu, dan baru pada diterapkan pada Neowing pada tahun 2019.

Sebelumnya, pada awal, Honda Neowing dikatakan mengusung hybrid, dengan mesin yang digunakan adalah mesin hybrid boxer empat silinder yang memadukan mesin 4 silinder horizontal dengan motor listrik. Kombinasi perangkat daya tersebut bukan hanya mengesampingkan kesan motor boros karena bermesin besar, tetapi juga powerful soal torsi dan akselerasi.

   
Penulis: