Bajaj Siapkan Kratos VS400, Motor Premium Terbaru Mesin 400cc

 2292 views

Mumbai – Bajaj Auto Limited (BAL) akan segera merilis seri sepeda sekaligus termahal pada bulan November 2016 mendatang. dari segmen penjelajah (cruiser) ini akan mengusung nama Krator VS400, bukan Pulsar VS400 seperti yang selama ini ramai dibahas.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Direktur Pelaksana BAL, Rajiv Bajaj di India pada Senin (28/9). Namun saat itu ia masih belum mengungkapkan nama motor barunya.

“Ini akan menjadi acara yang menarik karena ia tidak akan menjadi sebuah Pulsar. Untuk saat ini, saya hanya bisa mengatakan bahwa sebuah Pulsar 400 cc sama masuk akalnya dengan Royal Enfield 150 cc,” ungkap Rajiv.

“Jadi, ketika kami ingin masuk ke kategori baru, akan lebih bijak untuk menggunakan merek baru. Ini adalah sebuah langkah besar,” imbuhnya.

Kratos sendiri diambil dari nama Dewa Perang Yunani yang menggambarkan kekuatan, keperkasaan, kedaulatan, dan otoritas di segala bidang. Sedangkan VS adalah singkatan dari Vantage Sport.

Kratos dibangun dari motor CS400 yang sebelumnya sempat diperkenalkan dalam gelaran Delhi Auto Expo 2014.

Bajaj Kratos VS400 akan mengusung 373,2 cc silinder tunggal berpendingin cairan dari KTM Duke 390. Namun itu juga akan dipadukan dengan triple-spark yang merupakan ciri khas dari Bajaj. Hal ini sekaligus menegaskan bahwa kepala mesin Kratos akan sedikit berbeda dari KTM.

Kratos VS400 mampu menghasilkan tenaga hingga 34,5 horsepower dan disalurkan ke roda belakang lewat transmisi 6 percepatan. Selain itu, sebagai motor premium, Kratos juga dibekali dual-channel ABS, instrumen , elemen LCD di lampu depan, dan rem cakram pada bagian depan maupun belakang.

Bajaj Kratos VS400 kabarnya akan dirilis dalam 2 tipe, yaitu yang memakai sistem pengeraman ABS dan Non ABS. Diperkirakan Kratos VS400 dibanderol dengan INR 1,7 lakh – INR 2 lakh (sekitar Rp 33,1 juta – Rp 38,9 juta). Pihak Bajaj mengkonfirmasi bahwa produksi massal Kratos VS400 dimulai pada 16 November 2016. Tetapi masih belum jelas kapan motor naked sport ini dilepas ke pasaran.

   
Penulis: