Pengembangan Motor Honda PCX Listrik dan Hybrid Kini Sudah Masuk Tahap Akhir

Jakarta - PT Astra () berupaya untuk melakukan pengembangan pada varian matic andalannya, PCX bertenaga listrik dan hybrid di . Menurut PT AHM, pengembangan motor Honda PCX listrik dan hibrida tersebut telah memasuki tahap akhir.

Honda PCX Listrik – dapurpacu.com

Skutik Honda PCX dengan tenaga listrik dan hybrid sebelumnya dikenalkan dalam ajang Tokyo Motor Show 2017 lalu serta sempat menghebohkan dunia otomotif. “Masih pengembangan akhir ya,” ungkap Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya di Jakarta, Jumat (2/2), seperti dilansir Viva.

skutik PCX hibrida dan listrik kelak akan disesuaikan dengan kebutuhan pasar di Indonesia. Akan tetapi Thomas menuturkan jika kehadiran PCX hybrid dan listrik tersebut bisa saja disesuaikan dengan yang dipamerkan dalam gelaran Tokyo Motor Show. “Yang pasti produksi domestik Indonesia dan kurang lebih sama,” ungkap Thomas.

Sebagai informasi, Honda PCX hybrid telah dipamerkan dalam ajang Tokyo Motor Show 2017 beberapa waktu lalu dengan memakai baterai ion lithium yang dikombinasikan dengan bensin. Sementara itu, PCX listrik mengandalkan tenaga dari baterai yang dikembangkan oleh tim Honda.

Dalam ajang Consumer Electronics Show 2018 di Las Vegas, Honda juga sempat mengungkapkan jika Honda PCX listrik nantinya akan menggunakan 2 baterai yang dapat diisi ulang. Sehingga ketika satu baterai sedang diisi ulang, motor PCX listrik ini masih bisa dipakai berkendara.

Honda sengaja memberikan 2 baterai karena proses pengisian baterai pada sepeda motor listrik membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan isi bensin pada umumnya. Ditambah lagi, stasiun pengisian daya juga hanya tersedia di negara-negara besar dengan jumlah yang masih terbatas. Tak hanya meluncurkan PCX electric, dalam ajang CES 2018, Honda juga memperkenalkan solusi pengisian daya baterai PCX berupa sebuah mesin ATM baterai yang kelak bisa diambil langsung sembari meletakkan baterai yang telah habis di mesin tersebut.

Keunggulan lain dari Honda PCX elektrik adalah baterainya yang dapat dicopot sesuai selera. Honda menyebut tersebut sebagai mobile power packs. PCX versi elektrik pun dibekali 2 baterai untuk memberi asupan tenaga.

   
Penulis: