Saingi Kawasaki, Honda Bakal Hadirkan Motor Trail 150 cc

 180 views

Jakarta – PT Astra (AHM) saat ini kabarnya tengah menyiapkan sebuah terbaru yang mengusung berkapasitas 150 cc. Motor yang rencananya bakal diproduksi secara lokal ini pun digadang-gadang menjadi kompetitor Kawasaki KLX 150 yang selama ini mendominasi segmen motor penggaruk tanah.

Honda Trail – adventuriderz.com

Hingga kini kelas motor trail di Tanah Air hanya dimiliki oleh Kawasaki KLX 150 dan Viar Cross X 150. Oleh sebab itu PT AHM dikabarkan akan mempersiapkan CRF250 Rally versi yang lebih kecil. Namun sayang, AHM masih belum bersedia membocorkan kapan mereka bakal menghadirkan motor trail tersebut. “Belum tahu kapannya, tunggu saja tanggal mainnya ya,” kata Johannes Loman, Executive Vice President Direktur PT AHM, seperti dilansir Berkabar.

Di sisi lain, Marketing Direktur PT AHM, Thomas Wijaya berpendapat jika motor trail 150 memang cukup potensial dan stabil. “Jadi ya kita akan coba study. Kami lihat konsumennya seperti apa, kami masih study. Kalau dilihat pasarnya sih masih cukup signifikan, eksis dan masih potensial ya,” tutur Thomas Wijaya.

Lebih lanjut Thomas mengatakan, walaupun Honda mempunyai beragam sepeda motor dengan mesin 150 cc, menurutnya hal tersebut tak dapat langsung diterapkan untuk pengembangan motor trail 150 cc. “Karena belum tentu sama. Karakternya beda,” tuturnya.

Hingga kini Honda hanya mempunyai motor adventure CRF250 dengan yang dibanderol cukup tinggi lantaran masih diboyong secara CBU alias impor. Tak hanya CRF250 Rally, Honda juga memiliki CRF1000 Africa Twin yang memang diperuntukkan sebagai motor petualang bagi kalangan profesional dengan mesin hampir 1000 cc. Namun sayangnya karena juga masih diimpor, CRF1000 Africa Twin pun masih belum mampu menjangkau kalangan bawah.

Oleh sebab itu PT AHM tengah berusaha untuk memproduksi motor trail kelas 150 cc agar segmen pasarnya lebih luas. Ada beberapa motor Honda bermesin 150 cc yang cukup laris di pasaran, misalnya saja CB150R, Verza FI, CBR150R, Sonic 150, Supra GTR 150, dan Honda Vario 150.

   
Penulis: