Motor Marquez Honda RC213V-S Versi Jalanan Rilis, Harga Dibanderol Rp 7 Miliar

Sentul -motor yang berlaga dalam ajang internasional MotoGP memang bukan sembarang . Setiap unit di sana sudah dirancang sedemikian rupa agar memiliki performa yang prima, demikian halnya dengan motor yang ditunggangi oleh pembalap , Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Demi menyenangkan penggemar, pun meluncurkan motor RC213V-S jalanan yang selama ini dipakai oleh Marquez dan Pedrosa.

Honda RC213V-S Versi Jalanan – www.otovaria.com

Motor yang sempat diujicoba di Sirkuit International Sentul, Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu ini memang berbeda dari versi Moto GP. Pasalnya terdapat sejumlah penyesuaian yang dilakukan supaya cocok digunakan berkendara di jalan raya.

“Konsep pengembangan motor ini untuk merasakan kehebatan motor balap honda. Bedanya dari versi MotoGP, dari sisi servis maka klepnya atau valve system-nya menggunakan spring, kalau MotoGP pneumatic valve. Terus gear box-nya, kalau di MotoGP seamless, kalau versi jalanan konvensional jadi untuk permudah servisnya,” kata Sriyono, Technical Service Department PT Astra Honda Motor (AHM), seperti dilansir Liputan 6.

Lantaran motor RC213V-S ini harus disesuaikan dengan regulasi, maka pihak AHM pun melengkapinya dengan berbagai komponen standar motor untuk produksi massal. “Jadi ada lampu, speedometer, spion, pegangan plat nomor, dan mufler standar dengan katalis,” imbuh Sriyono.

Tak hanya itu, fungsionalitas bagian ban pun disesuaikan dengan kebutuhan jalanan. “Ban MotoGP itu 16,5 inci kalau versi jalanan dibuat segitu susah, jadi dibuat 17 inci. Selain itu, material rem di MotoGP karbon, kalau versi standar tidak karena selain lebih mahal dan partsnya susah dicari,” ungkapnya.

Honda RC213V-S sendiri dijual di dengan yang cukup fantastis, yaitu mencapai angka Rp 7 miliar. berkonfigurasi V4, 4 stroke, 4 valve, 6 percepatan berpendingin cairan dengan 999 cc ini tak mengusung timing chain. Selain itu, knalpot yang digunakan ada 2, yang pertama berada di samping dan yang kedua ada di bawah jok.

Sementara itu, untuk ukuran motor balap versi jalanan pun RC213V-S disebut-sebut cukup ringan, yakni sekitar 170 kg.  Lalu bagian ban menggunakan ukuran 17 inci dengan konfigurasi ban depan ukuran 120/70 dan belakang 190/55. Rem cakram menggunakan Brembo, dan shock up side down besutan Ohlins.

   
Penulis: