Selamat Tinggal, PT AHM Tak Lagi Jual Honda NM4 Vultus di Indonesia

 788 views

– Memiliki model yang sangar dan futuristik rupanya tak mampu membuat NM4 Vultus bertahan di pasar tanah air. Alhasil, (moge) yang diperkenalkan sejak tahun 2015 lalu ini akan dihentikan penjualannya di oleh PT Astra Motor (AHM).

Honda NM4 Vultus – www.motorcycle.com

AHM mantap untuk tak lagi menjual Honda NM4 Vultus mulai tahun 2017 ini lantaran peminat motor yang diimpor secara utuh dari Jepang ini cukup rendah. NM4 Vultus sendiri adalah salah satu dari 6 model yang dirilis AHM tahun 2015 sebagai penanda dirintisnya penjualan moge Honda di Tanah Air. Kala itu Vultus diluncurkan bersamaan dengan CBR1000RR SP yang diimpor dari Jepang, sementara itu CB500F, CB500X, CBR650F, dan CB650F diimpor dari Thailand.

“Untuk Vultus, karena peminatnya yang belum juga bertambah, kami putuskan untuk tidak lagi menjualnya. Kalau permintaannya masih ada, kita akan terbuka untuk menjualnya lagi, jadi tergantung permintaan. Tapi untuk saat ini sudah tidak lagi diimpor dari Jepang,” tutur Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT AHM di Jakarta Pusat, seperti dilansir Viva.

Sejak pertama kali mengaspal di Indonesia Honda NM4 Vultus hanya terjual antara 8-10 unit. “Motor itu CBU dari Jepang, mesinnya 750cc, dual klep kan, ya pokoknya kurang kelihatan pasarnya,” kata Thomas Wijaya.

Honda NM4 Vultus dijual seharga Rp 435 juta. Harga tersebut sudah termasuk Pajak Penjualan atas barang mewah dan 75 persen karena termasuk motor dengan lebih dari 500 cc. Harga yang dibanderol untuk Honda NM4 Vultus memang terbilang cukup mahal dibanding harga resminya di Jepang yang tak sampai Rp 200 juta.

Karena ekonomi di Indonesia masih lesu, masyarakat pun memilih untuk membeli motor lain dengan kapasitas mesin lebih kecil. “Sebagian besar menunda pembelian, sebagian kecilnya lagi memilih motor yang kapasitas mesinnya lebih kecil seperti motor 150 cc,” tandas Thomas.

Untuk urusan , Honda NM4 Vultus adalah moge matik (skutik) yang bermesin SOHC, 2 silinder, 750 cc, yang sanggup menyemburkan tenaga 54 daya kuda dengan torsi 68 Nm. Vultus dilengkapi dual clutch transmission (DCT) 6 percepatan yang mirip seperti pada mobil.

   
Penulis: