Duel Honda Spacy Karburator vs Injeksi, Unggul Mana?

 1023 views

Bagi penggemar matik, pasti sudah tidak asing lagi dengan Honda Spacy. Honda Spacy merupakan yang diproduksi PT Astra Honda Motor dan pertama kali diluncurkan ke Tanah Air pada tahun 2011 silam. Peluncuran motor otomatis ini dimaksudkan untuk mengantisipasi makin populernya matik di pasar roda dua Tanah Air.

Honda Spacy – otomercon.com

 

Salah satu unggulan yang dihadirkan skuter ini adalah bagasi dengan lega, yaitu 18 liter. Dengan ukuran tersebut, bagasi Honda Spacy bahkan mampu menampung satu buah helm full face. Sementara, fitur lainnya yang ditawarkan adalah tuas pengunci rem, standar samping otomatis, hingga pengaman kunci bermagnet.

Pada awalnya, PT AHM membekali Spacy dengan bahan bakar . Kemudian, seiring kebijakan PT AHM yang mendeklarasikan penggunaan teknologi PGM-FI ( fuel milik Honda) pada semua produk sepeda motornya secara bertahap, maka Spacy pun secara otomatis juga menerapkan bahan bakar fuel injection.

Secara umum, baik yang mengusung karburator maupun fuel injection, Honda Spacy merupakan skuter yang memiliki ergonomi yang cukup nyaman. Posisi setang yang dekat dan menekuk ke dalam membuat handling skuter ini terasa nyaman untuk melakukan overtaking dan berbelok ketika melintasi tikungan tajam. Sementara, tempat pijakan kaki yang luas menjadi nilai plus tersendiri bagi skuter tersebut.

Sayangnya, Honda Spacy tidak didukung dengan jok atau tempat duduk yang empuk. Bagi sebagian konsumen yang pernah merasakan naik motor ini, jok Honda Spacy terasa cukup keras. Jadi, kendaraan ini kurang nyaman jika digunakan untuk melintasi jalanan dengan tekstur yang tidak rata dalam kecepatan tinggi.

Perbedaan mendasar antara Honda Spacy karburator dengan sistem fuel injection terletak pada performa dan konsumsi bahan bakar. Meski keduanya memiliki kapasitas yang setara, yaitu 108cc, namun versi fuel injection mampu mengeluarkan tenaga yang sedikit lebih agresif dibandingkan karburator. Jika versi karburator hanya mampu meletupkan daya 8,54 PS pada putaran 8.000, maka versi injeksi bisa memuntahkan tenaga 8,67 PS pada putaran yang sama.

Demikian pula dengan torsi yang bisa dicapai. Torsi Honda Spacy PGM-FI disebut mampu menyentuh angka puncak 8,93 Nm pada putaran 6.500 rpm, sedangkan versi karburator hanya bisa meraih torsi maksimal 8,04 Nm pada putaran 6.500 rpm. Di samping itu, PT AHM juga berani menyebut bahwa konsumsi bahan bakar Spacy injeksi lebih irit hingga 17 persen dibandingkan versi karburator.

Perbedaan lainnya antara Spacy karburator dengan injeksi terletak pada kapasitas bahan bakar. Jika Spacy karburator hanya mampu menampung 5 liter bahan bakar, maka model injeksi bisa menampung 0,5 liter lebih banyak. Sementara, bobot versi injeksi lebih berat sekitar 2 kg dibandingkan model karburator karena terdapat penambahan komponen injeksi.

Baca juga:   Honda Dream 50R, Reinkarnasi Raja Balap Era 60-an
   
Penulis: 

Komentar ditutup.