Harga Gembok Cakram, Antisipasi Pencurian Motor

 1337 views

Saat ini, kasus pencurian di memang semakin mengkhawatirkan. Tak cuma moped atau matik, motor model juga cukup banyak menjadi incaran para pencuri, terutama ketika diparkir di tempat umum.

Xena disc lock alarm – 1080.plus

 

Untuk meminimalkan tindakan pencurian sepeda motor, beberapa produsen motor juga telah melakukan inovasi terbaru dengan membekali sejumlah motor dengan sejumlah canggih. Di antaranya, SKS (security key shutter) hingga pemasangan alarm dan modifikasi standar samping yang dipasang di motor-motor keluaran terbaru.

Namun Idealnya, pemilik sepeda motor juga tak hanya mengandalkan sejumlah fitur canggih bawaan pabrik untuk mengantisipasi pencurian motor. Mereka tentunya juga harus mempersiapkan hal-hal yang bisa mencegah pencurian terjadi pada motor mereka, salah satunya dengan memasang gembok cakram tambahan.

Sesuai namanya, gembok cakram tambahan ini dipasang pada piringan cakram, baik cakram depan maupun cakram belakang. Selain itu, gembok cakram tambahan ini juga dapat dipasang pada bagian gear dan lain-lain. Meski saat ini alat pencuri motor sudah canggih, namun pemasangan gembok cakram tambahan diharapkan dapat memperlambat proses pencurian sehingga pencuri dapat ditangkap sebelum menyelesaikan aksinya.

Gembok cakram tambahan ini bisa menggunakan gembok yang biasa digunakan untuk mengunci pagar rumah atau menggunakan gembok khusus cakram. Beberapa gembok cakram tambahan juga ada yang telah dipasangi sensor sehingga ketika aksi pencurian terjadi, maka gembok akan mengeluarkan suara. Gembok cakram alarm ini memang masih jarang digunakan meski merupakan solusi yang tepat untuk mengamankan sepeda motor dari pencurian.

Jika Anda berminat memasang gembok cakram alarm, ada beberapa model yang bisa Anda pilih. Di antaranya, Skylock yang dikembangkan perusahaan Amerika, Velo Labs, dengan bentuk unik menyerupai huruf U dan telah dilengkapi fasilitas Bluetooth dan WiFi sehingga dapat dihubungkan dengan smartphone.

Selain Skylock, ada juga gembok alarm jenis Disc-Lock yang dibuat oleh XENA. Gembok ini memiliki Double System penguncian dan terbuat dari material stainless steel 304 yang awet dari korosi. Gembok lainnya adalah Lock8 yang juga dapat dihubungkan smartphone sehingga pengguna tidak perlu lagi kunci untuk membukanya.

Lalu, berapa gembok cakram untuk motor saat ini? gembok cakram bervariasi, tergantung merek dan modelnya. Berikut beberapa gembok cakram tambahan yang ada di pasaran.

Model/Merek Gembok Cakram Harga (Rp)
Posh Disc Brake Lock Mini 20.000
Cavo Disc Brake Lock Medium 21.000
Machimura Disc Brake 25.000
GMA Disc Brake Lock 25.500
WO Disc Brake Lock 38.500
WO Disc Brake Lock 65.000 – 69.000
Alarm Disc Brake Lock 275.000
Master Lock Disc Lock 8118 298.000
XENA XX8 Disc Lock Alarm 850.000
   
Penulis: