Honda Gold Wing Versi Anyar Dirilis, Kini Usung Shockbreaker Canggih

 165 views

Jakarta baru saja memamerkan produk gede (moge) terbarunya, Gold Wing yang mengusung teknologi shockbreaker teranyar. Gold Wing baru ini sengaja diperkenalkan guna merayakan kehadirannya di pasaran dunia sejak peluncuran pertama GL1000 pada tahun 1974 silam.

Honda Gold Wing – www.topspeed.com

“Dalam penyegarannya kali ini, Goldwing hadir dengan berikut improvement pada suspensi depan. Upgrade komponen kaki-kaki ini bertujuan untuk menunjang bobot sepeda motor yang bongsor,” demikian seperti dilansir Xedoisong.

Suspensi depan pada Gold Wing versi anyar ini disebut-sebut sanggup menopang tekanan besar ketika hard braking, dibandingkan dengan garpu konvensional. Di samping itu, sistem suspensi depan tersebut juga ikut membantu stabilitas sepeda motor yang berukuran besar macam Gold Wing ini.

Karakter suspensi yang diusung oleh Gold Wing kali ini juga diklaim dapat meredam hentakan lebih baik sekaligus membantu sentralisasi bobot. Motor yang memiliki dapur pacu berupa mesin 6 silinder dengan kapasitas 1.832 cc ini juga ditunjang dengan sistem audio mumpuni yang bisa terhubung dengan iPod.

Tak cukup sampai di situ, Honda kabarnya juga akan menambahkan dual camera pada Gold Wing guna mengurangi risiko tabrakan. Dual kamera tersebut akan disematkan di bagian depan dan terlihat seperti kamera stereoskopik. Kamera itu memakai 2 lensa yang dapat menghasilkan gambar 3 dimensi.

Kamera itu diharapkan dapat mengaktifkan Adaptive Driving Assistance Systems (ADAS) yang dapat memperlambat laju motor, sehingga bisa mencegah kecelakaan. Sistem pengereman Gold Wing pun memakai Inertial Measurements Unit (IMU) yang juga diadopsi pada -nya. Namun sayangnya teknologi pengereman canggih mirip di mobil Civic dan CR-V tersebut baru akan diperkenalkan dalam ajang Tokyo Motor Show (TMS) akhir tahun ini.

Sampai saat ini tercatat ada lebih dari 640.000 unit Gold Wing yang telah dipasarkan di seluruh dunia, dengan populasi terbesar ada di Amerika Utara (AS dan Kanada), kemudian disusul dengan negara asalnya, Jepang. Tampilan motor makin seksi dengan balutan merah menyala, serta adanya suspensi cartridge 45 mm dengan sistem anti-dive, swingarm single-side dengan Pro-Link tunggal shock absorber yang dapat dikendalikan komputer. Roda-roda ditanami dual cakram 296 mm dengan kaliper CBS tiga piston.

   
Penulis: