Honda Kembangkan Superbike Bermesin V4

 1169 views

Sepeda-.info – Setelah mendaftarkan paten untuk sistem pengereman darurat , juga dikabarkan sedang mengembangkan superbike dengan yang sudah dipatenkan. Superbike ini disinyalir akan mengusung V4 dan menjadi flagship yang berdiri di antara Honda CBR1000R Fireblade dan Honda RC213V-S.

Honda Kembangkan Superbike Bermesin V4 – www.oncars.in

 

Motor dengan mesin V4 ini akan menggunakan layout knalpot yang berbeda dengan Honda lainnya. Juluran pipa yang mengalir dari silinder berpisah, kemudian menyatu lagi di bagian bawah, mengalir ke bawah kaki kanan pembonceng. “Motor ini tengah masuk dalam tahap produksi dan dibekali dengan Honda MotoGP,” ujar Direktur Creative Honda, Miwa Koj.

Tenaga penggerak akan menjadi bagian dari sasis. Kemudian, Honda V4 ini akan menerima jok single dan sektor buritan mendapat lubang udara yang membantu aerodinamika lebih efisien. Pada bagian belakang, juga terdapat semacam sayap untuk membantu mendapatkan downforce. Sementara itu, desain dan fascia motor ini tampak mirip dengan motor CBR250RR.

Honda sendiri memang belum memiliki motor model V4 dan hanya punya model motor dengan mesin 4-silinder segaris, yaitu pada CBR1000RR. Padahal, para kompetitor yang bersaing di kelas yang sama sudah menghadirkan model terbarunya. Namun, dengan adanya kabar ini, bukan tidak mungkin berlogo sayap mengepak itu akan menghadirkan kejutan bagi pencinta otomotif.

Secara keseluruhan, pabrikan asal Jepang memang belum memberikan informasi terkait peluncuran motor dengan mesin V4 ini. Namun, menurut bocoran, superbike ini kemungkinan bakal dijual secara terbatas pada tahun 2018 sebagai model 2019, meski tidak akan seeksklusif model RC213V-S.

   
Penulis: