Triumph Street Triple R Ohlins Version, Naked Bike Terbaik Edisi 2012

 883 views

Jika Anda penggemar bike ganas dengan teknologi premium, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan model Speed Triple R keluaran asal Inggris, Triumph. Triumph Speed Triple R merupakan salah satu dari varian Street Triple, selain model Street Triple S dan Street Triple RS, yang sudah melanglang-buana sejak satu dekade silam.

Street Triple R hadir pertama kali di Indonesia pada tahun 2014 lalu melalui PT Triumph Motorcycle Indonesia. Motor ini diluncurkan bersamaan dengan 11 motor lainnya dengan berbagai , mulai Modern Classic, , Supersport, Adventure, hingga Cruiser. Kala itu, PT Triumph Motorcycle Indonesia menghadirkan banyak karena melihat pasar motor premium di Tanah Air sangat menjanjikan.

Secara tampilan, Street Triple R termasuk dalam kategori Roadster. Tampilan ganas motor ini sudah tampak pada bagian bodi yang menggunakan material dari aluminium beam twin spar, serta bagian belakang yang mengusung 2 piece high pressure die cast. Sementara, di bagian sayap, terbuat dari bahan cast aluminium alloy dan juga ARM twin-sided.

Selain model standar, Triumph juga sempat merilis model Street Triple R yang mengusung buatan Ohlins. Motor ini membawa upside-down buatan Ohlins di bagian depan dengan cartridge NIX30 dan peredam kejut TTX36 di bagian belakang. Garpu dan peredam kejut tersebut sepenuhnya disesuaikan dan mengikuti filosofi Ohlins dalam hal kinerja dan keandalan.

Ohlins sendiri dipilih Triumph untuk mengembangkan suspensi model Street Triple R yang meluncur pada tahun 2012 lalu. Penggunaan suspensi dari Ohlins tersebut diklaim mampu meningkatkan kinerja handling motor sehingga Street Triple R edisi 2012 ini sanggup melesat hingga kecepatan 240 km per jam.

Selain suspensi dari Ohlins, motor ini juga didukung dengan pelek 5-spoke berbahan aluminium yang lebih ringan sekitar 1,7 kg dari model tahun sebelumnya. Sementara, kaliper mon-block radial 4-piston dari Brembo dipercaya sebagai penghenti laju dengan sistem rem ABS (Anti-lock Brake System) ditawarkan sebagai opsional.

Di bagian jantung pacu, Triumph membekali motor ini dengan mesin tipe 4-stroke, transverse three cylinder, DOHC, 4 valve per cylinder, berkapasitas 1.050cc, liquid-cooled. Dengan modal tersebut, Street Triple R Ohlins Version mampu menyemburkan daya maksimal 99 kW pada putaran 9.400 rpm dan torsi puncak 111 Nm pada putaran 7.750 rpm.

Ketika pertama kali dirilis, motor ini dilepas dengan Rp265 jutaan dan hadir dalam pilihan warna Phantom Black dan Crystal White. Berikut spesifikasi teknis Triumph Street Triple R Ohlins Version.

Tahun 2012
Dimensi 2.100 x 795 x 1.110 mm
Tinggi Jok 825 mm
Jarak Sumbu Roda 1.435 mm
Kapasitas Bahan Bakar 17,5 L
Berat Kosong 212 kg
Frame Aluminium beam twin spar
Suspensi Depan Ohlins 43 mm upside-down NIX30
Suspensi Belakang Ohlins TTX36 twin-tube monoshock
Ban Depan 120/70-ZR17
Ban Belakang 190/55-ZR17
Rem Depan Dual disc, 4-piston Brembo, ABS
Rem Belakang Single disc, single piston, ABS
Tipe Mesin 4-stroke, transverse three cylinder, DOHC, 4 valve per cylinder, liquid-cooled
Kapasitas Mesin 1.050cc
Diameter x Langkah 79 x 71,4 mm
Daya Maksimum 99 kW @ 9.400 rpm
Torsi Maksimum 111 Nm @ 7.750 rpm
Transmisi 6-speed
   
Penulis: