Honda Kenalkan Motor Anti Jatuh Berteknologi Self Balancing

 1634 views

Las Vegas memperkenalkan dengan self balancing dalam pameran Consumer Electronics Show 2017 (CES) di Las Vegas. Teknologi yang dinamai Riding Assist ini diklaim dapat membuat jadi anti jatuh karena sepeda akan tetap berdiri tegak pada yang lambat.

Teknologi motor self-balancing Honda – autotekno.sindonews.com

 

Sepeda motor Honda dengan Riding Assist ini tak memakai sensor giroskop seperti motor self balancing kebanyakan, sebab Honda menyematkan sistem khusus yang menggunakan kemudi maju, mundur, maupun kanan kiri seperti saat manusia menyeimbangkan motor. Teknologi robotik ini pada dasarnya adalah pengembangan dari sistem yang ada pada Honda UNI-CUB.

Saat kecepatan rendah, gagang kemudi dikendalikan secara elektronik dan ada pula mode self driving yang memungkinkan sepeda motor untuk bergerak sendiri melalui motor listrik. Walaupun konsep ini diterapkan untuk Honda NC, Honda mengklaim jika teknologi ini juga bisa dipakai untuk semua .

“Teknologi ini sebagai rider assistance, untuk membantu keseimbangan mereka saat berkendara pelan, dan membuat sepeda motor tetap tegak. Kami tengah mengembangkan teknologi ini pada model yang lebih besar seperti Gold Wing,” ujar Tony Defranze, PR Honda Amerika Serikat, Jumat (6/1).

Dengan adanya mekanisme khusus yang diletakkan di bawah lampu utama, sistem dapat mengubah sudut rake, sehingga pada roda depan berubah negatif. Oleh sebab itu, saat sedang melaju dengan pelan, sepeda motor Honda ini akan tetap seimbang dan tegak.

   
Penulis: