Honda Monkey, Motor Cebol tapi Bukan Motor Mainan

 5709 views

merupakan salah satu merek sepeda motor yang sangat tersohor di dunia. Tak cuma menghasilkan motor-motor bebek legendaris, juga merilis banyak motor tangguh serta matik yang laris manis di pasaran global.

honda monkey kumamon – rmdmotors.com

 

Namun ternyata, tak cuma tiga model sepeda motor tersebut yang sudah dirilis oleh Honda. Pabrikan asal itu juga pernah meluncurkan sebuah sepeda motor mini, ringan, dan bisa dilipat, yang kemudian terkenal dengan sebutan Honda Monkey.

Dalam bahasa pabrikan, Honda Monkey adalah motor yang diberi kode Z Series. Motor ini pertama kali mengawali eksistensinya pada tahun 1961 dalam pameran motor Honda di Honda’s Tama Tech Amusement Park dan Sirkuit Suzuka. Ketika itu, Honda menghadirkan sepeda motor prototipe berukuran kecil dan berdesain unik dengan kode Honda Z100.

Karena antusiasme masyarakat yang cukup tinggi, model ini kemudian dikembangkan menjadi jalan raya dengan kode CZ100. Model inilah yang kemudian populer dan diekspor dalam jumlah terbatas ke Benua Eropa pada tahun 1963.

Selang empat tahun kemudian, CZ100 dikembangkan lagi menjadi versi yang lebih baru dengan kode Z50M. Perubahannya masih sebatas penempatan seat atau jok menjadi lebih tinggi serta posisi stang yang bisa ditekuk agar lebih mudah untuk dikendarai. Sementara bagian lain, seperti ban atau roda, masih berukuran sama persis dengan model CZ100 dan tetap tanpa suspensi (rigid).

Berturut-turut, meluncur model Z50Z (JDM) untuk pasar dalam negeri Jepang dan Z50A untuk pasar Amerika dan Eropa. Disusul kemudian dengan kehadiran Z50A K3 yang sudah menerapkan suspensi belakang dan model Z50J yang sudah menggunakan suspensi lengan ayun. Lalu, model terakhir ini diperbarui menjadi Seri J-I, J-II, dan J-III (dikenal sebagai Honda Gorilla).

Selain itu, Honda juga pernah meluncurkan model special edition Honda Monkey, yaitu Honda Monkey Kumamon. Kumamon sendiri merupakan beruang yang menjadi maskot resmi Japan Kumamoto Prefecture. Maskot itu dibuat Pemerintah Daerah Kumamoto pada tahun 2010 sebagai maskot pariwisata. Dan, Kumamoto menjadi salah satu rumah bagi pabrik motor Honda.

Dilihat dari , motor ini mengusung berkapasitas 49cc, injeksi PGM-FI, dan hanya mampu meraih tenaga 3,4 dk. Namun, mesin yang ditanam pada motor ini sangat responsif di putaran bawah sehingga motor dapat melaju kencang ketika gas ditarik. Jadi, pengendara harus sedikit beradaptasi ketika motor cebol ini riding.

Di Indonesia sendiri, populasi Honda Monkey Kumamon sangat jarang sebab harganya yang sangat mahal karena berstatus barang impor. Satu unit sepeda motor mini ini dibanderol di rentang harga Rp75 jutaan hingga Rp85 jutaan.

   
Penulis: