Usung Fitur Anyar, Honda Scoopy Terbaru Resmi Mengaspal

Sepeda-.info – Seperti yang telah diprediksi banyak pihak, PT Astra Motor (AHM) akhirnya resmi meluncurkan dari skuter matik retro mereka, Scoopy. Dirilis secara virtual tepat bertepatan dengan Hari Pahlawan tanggal 10 November 2020, generasi kelima tersebut menerima sejumlah fitur baru yang mirip kepunyaan Vario 150.

Honda Scoopy – autonesian.com

Dikutip dari Motorplus, teranyar Honda Scoopy sekarang mengusung rangka eSAF atau enhanced Smart Architecture Frame, yang merupakan jenis rangka baru untuk skuter matik kepunyaan Honda. Rangka eSAF yang pertama dipakai di Honda Genio, menggunakan proses produksi mutakhir, yaitu proses press dan laser welding. Terbuat dari material plat baja, frame ini diklaim membuat motor lebih ringan, lincah, dan nyaman dikendarai.

Sepeda motor tersebut sekarang juga telah dibekali dengan kunci keyless Smart Key System untuk meningkatkan keamanan. Fitur serupa yang telah dipakai di Honda PCX, ADV 150, Vario 150, dan Forza 250 tersebut menggantikan kunci mekanik, sehingga pemilik cukup memakai remote untuk menyalakan kuncinya, dengan dua tombol untuk mengaktifkan Smart Key dan Answer Back System.

Beralih ke bagian panel indikator, Scoopy terbaru sekarang mengusung speedometer yang menggabungkan model analog dan LCD digital. Informasi semakin lengkap karena sudah menampilkan petunjuk jam, konsumsi BBM rata-rata, hingga trip meter. Ada pula informasi oil change yang akan memberi tahu pemilik kapan saatnya untuk mengganti oli kendaraan.

Sementara, untuk urusan jantung pacu, Honda Scoopy masih tetap membawa 4-stroke, kapasitas 108,2cc, eSP, tetapi dengan rasio mesin lebih tinggi, yakni 10,1:1 dari sebelumnya 9,5:1. Dengan modal tersebut, sepeda motor ini dikatakan mampu mengeluarkan tenaga maksimal 8,85 kW pada putaran 7.500 rpm dan mencapai torsi puncak 9,3 Nm pada putaran 7.500 rpm.

Di pasaran dalam negeri, Honda Scoopy terbaru kabarnya dilepas dengan harga mulai Rp19.950.000 per unit untuk varian Fashion dan Sporty. Sementara, varian Stylish dan Prestige masing-masing dijual Rp20.750.000 per unit (OTR Jakarta). “Sejak diluncurkan tahun 2010, Scoopy sangat populer karena desainnya sangat luar biasa. Scoopy terus berkembang, termasuk mengadopsi teknologi injeksi,” tutur Presiden Direktur PT AHM, Keiichi Yasuda.

Baca juga:   Jadi Saingan Berat Kawasaki W175, Benelli Rilis Motobi 152 Harga Cuma Rp 18,8 Juta
   
Penulis: