Saingi NMAX, Honda Bakal Produksi Motor PCX Versi Lokal

Bukittinggi – Para pecinta sepeda (skutik) bertumbuh gambot kini tampaknya akan memiliki alternatif selain NMAX. Pasalnya, PT Astra (AHM) mengungkapkan bahwa Honda PCX yang dirakit secara lokal akan segera diluncurkan dalam waktu dekat.

Honda PCX – id.wikipedia.org

“Mudah-mudahan nanti, ditunggu saja kabarnya. Deket banget,” kata Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT AHM di Bukittinggi, Sumatra Barat, Sabtu (26/8), seperti dilansir Tribunnews.

Lebih lanjut Thomas menjelaskan bahwa studi untuk perakitan lokal motor Honda PCX saat ini kabarnya telah berada pada tahap final. Walau begitu, Thomas masih belum bersedia mengungkapkan jika proses produksi Honda PCX lokal akan mulai dilaksanakan tahun 2017 ini. Thomas sendiri mengakui jika Honda PCX memang memiliki yang cukup berkembang.

Di sisi lain, Yamaha telah unggul jauh dari Honda dengan motor Yamaha NMAX-nya. Walaupun berada di segmen premium, motor Yamaha NMAX tetap saja banyak diburu oleh . Berdasarkan data dari Asosiasi Industri (AISI), bulan lalu pasokan on track NMAX berada di angka 24.000-an unit. Sedangkan secara keseluruhan scooter maxi Yamaha ini telah terkirim 128.833 unit selama 7 bulan terakhir.

Meski Honda menyaingi NMAX lewat PCX, nyatanya konsumen lebih condong memilih NMAX. Pasalnya dari segi saja kedua produk sejenis ini terpaut cukup jauh. PCX yang diimpor utuh dari Thailand harganya melebihi Rp 40 juta, sementara itu motor Yamaha NMAX paling mahal hanya berkisar Rp 30 jutaan.

PT AHM menegaskan bahwa pihaknya akan memprioritaskan produksi lokal dari Honda PCX daripada mendatangkan motor baru seperti Forza. Thomas mengungkapkan jika Forza tidak mungkin didatangkan untuk menggantikan PCX lantaran faktor brand image. “Memang ada yang 125 cc. Tapi secara global, Forza itu image-nya high end atau premium matik. Brand global mesti kita jaga,” tandas Thomas.

   
Penulis: