Saingi Yamaha, Honda Ikutan Bikin Motor Neo Retro CBF190TR

Beijing – Rupanya motor bergaya retro modern saat ini sedang tren di kalangan para pecinta . Setelah Yamaha yang menjagokan sosok XSR155, kini giliran yang memboyong bergaya retro CBF190TR. Agen pemegang merek (APM) Honda di China, Sundiro Honda Motorcycle Co., Ltd belum lama ini meluncurkan naked bike CBF190TR untuk pasar China. Tampilan motor ini terbilang unik karena konsepnya neo retro, tetapi mengarah ke scrambler.

Honda Neo Retro CBF190TR – www.moneycontrol.com

“Secara tampilan Honda CBF190TR hampir mirip dengan saudaranya, Honda CB190SS yang berkeliaran di Thailand. Di mana motor ini sama-sama mengusung retro modern,” demikian seperti dilansir Bennetts melalui iNews.

Apabila diperhatikan sekilas, tampilan motor Honda CBF190TR ini memang terbilang simpel dan minimalis. Motor tersebut mengusung lampu berbentuk bulat, stang fatbar, dan jok rata yang bertekstur dan desainnya tandem. Dan uniknya, bagian tangki memang sengaja tidak dirancang sepenuhnya membulat, tetapi masih ada garis tegas yang terkesan sporty layaknya ciri khas motor jenis scrambler selama ini.

Kemudian ada shroud kecil minimalis sehingga tangki terlihat lebih besar. Pada bagian belakang tak ada sepatbor, hanya disematkan mudguard atau hugger yang berfungsi menahan cipratan air. Meskipun desainnya klasik, tetapi motor ini masih dibekali dengan sederet fitur bernuansa modern seperti sistem pencahayaan yang sudah berteknologi LED, speedometer full digital berbentuk bulat dengan negative display. Speedometer itu memuat info lengkap seperti posisi gear, rpm, indikator bahan bakar, odometer, hingga jam.

Motor dengan berkapasitas 184 cc satu silinder, SOHC, dan berpendingin udara ini diklaim dapat memuntahkan tenaga hingga 15,69 hp pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 15 Nm pada 7.000 rpm. Honda CBF190TR juga dipadukan dengan transmisi 5 percepatan serta teknologi pengabutan PGM-Fi atau fuel .

Tak perlu khawatir pula dengan urusan kaki-kaki. Honda menyematkan fitur suspensi depan dengan inverted telescopic atau suspensi upside down pada CBF190TR, monoshock belakang dengan arm dari bahan besi yang bentuknya kotak. Di sektor pengereman depan dan belakang motor ini sudah dibekali cakram dengan wavy disk dan anti-lock braking system (ABS).

   
Penulis: