Vins Rilis Motor Sport Listrik EV-01 yang Ringan & Bertenaga

Jakarta asal Italia, Vins belum lama ini merilis terbaru untuk besutannya, EV-01. Vins EV-01 hadir sebagai kendaraan elektrik yang memiliki kesan sporty yang kuat.

Vins EV-01 – www.motociclismo.it

tersebut memiliki dua mesin stroke dengan kapasitas 250cc. Seluruh mesin baru ini juga akan menggunakan tenaga powertrain yang sudah sukses di kelas motor Zero,” demikian seperti dilansir Visordown melalui Antara.

Seperti halnya motor Vins yang lain, EV-01 pun akan dilengkapi dengan sasis monocoque dari bahan serat karbon. Motor listrik bergaya tersebut kabarnya akan sangat cocok dengan powertrain listrik. Motor mungil ini juga menawarkan keunggulan berupa bobot yang relatif ringan, yakni 170 kg. Bobot tersebut kabarnya tak dapat ditandingi oleh banyak sepeda motor listrik lainnya.

Performa yang dihasilkan oleh Vins EV-01 pun sama baiknya, yaitu digadang-gadang mampu mencapai kecepatan tertinggi hingga 125 mph dari motor bertenaga 70 hp dengan torsi puncak yang mencapai 150 Nm. Sayangnya, Vins tak menyebutkan secara rinci berapa rentang jalan yang bisa ditempuh.

Pihak Vins hanya memastikan jika pengisian daya sepeda motor membutuhkan waktu sekitar 10 jam dari steker tiga pin standar, serta 2,5 jam apabila Anda memakai tangki pengisian opsional dan pengisi daya cepat DC.

Vins EV-01 mengusung mesin Zero ZF75-5 yang menawarkan kinerja maksimal tanpa adanya emisi apapun. Menurut informasi dari data laman resmi Vins, kecepatan maksimum yang dapat dicapai oleh motor listrik EV-01 adalah 201 km per jam. Vins EV-01 dilengkapi dengan 3 pilihan mode berkendara, yaitu Sport, Eco, dan Custom. Mode Sport biasanya dipakai untuk memberi tenaga maksimum, Eco untuk mode hemat baterai, dan Custom untuk mengatur secara manual tenaga dan torsi yang dihasilkan supaya sesuai dengan selera sang pengendara.

Kemudian di bagian kaki-kaki, Vins memasang suspensi depan A-arm ganda dengan monoshock absorber serta garpu serat karbon dan di bagian belakang memakai double actuation push-rod parallel dengan monoschock absorber serta swingarm serat karbon. Nah, di sektor pengereman, EV-01 memakai rem depan cakram ganda ukuran 300 mm dengan kaliper radial dan rem belakang cakram tunggal ukuran 220 mm.

   
Penulis: