Desain Paten Bocor, Suzuki Hayabusa Terbaru Usung Mesin Lebih Besar?

Jakarta – Sejak awal kemunculannya, termasuk sportsbike legendaris asal yang berhasil mencuri perhatian banyak orang. Bahkan tahun 1991 silam, berhasil mencetak sejarah sebagai paling kencang di dunia yang bisa melaju hingga kecepatan 310 km per jam. Luar biasa sekali bukan?

Suzuki Hayabusa – ziapowersports.com

Sayangnya nasib Hayabusa rupanya tak begitu mujur. Selang 20 tahun, motor andalan Suzuki ini terpaksa dihentikan produksinya. Bukan karena motor ini lekang dimakan waktu, tetapi karena standar emisi gas buangnya tidak sesuai dengan standar Euro4 yang berlaku di Eropa. Meski demikian, Suzuki Hayabusa ternyata masih dijual di sejumlah negara seperti Amerika dan India, walau sudah lagi dipasarkan di Eropa dan negara asalnya, Jepang sana.

Tapi rupanya Suzuki tak ingin melepaskan begitu saja kejayaan Hayabusa. Pada Januari 2019 lalu, perusahaan ternama ini dikabarkan telah mematenkan baru yang diduga akan disematkan pada generasi dari Suzuki Hayabusa. “Penerus Hayabusa sudah mulai dikerjakan dengan yang punya lebih besar,” kata salah satu sumber dari Suzuki, seperti dilansir Bennetts melalui Motorplusonline.

Apabila Hayabusa generasi terdahulu mengusung mesin berkapasitas 1.340 cc, maka kelak generasi terbarunya akan menggunakan mesin 1.400 cc. Kabar itu pun digadang-gadang mendekati benar setelah sebuah gambar paten yang diduga milik Hayabusa bocor di dunia maya. Dokumen yang beredar itu memuat informasi lebih lengkap, mulai dari bagian depan sampai belakang motor.

Dari desain yang bocor di internet itu Suzuki terlihat menyematkan sasis baru dan pelek baru dengan 7 palang. Suspensinya sudah menggunakan suspensi upside down dan setang clip on. Dari komponen itu saja sudah menjadi bukti kuat jika motor yang diusung berasal dari keluarga bike. Meski demikian, basis mesin masih dipertahankan. Mesin 1.400 cc yang diusung kemungkinan adalah salah satu langkah supaya Hayabusa tetap memiliki performa yang bertenaga, tetapi tetap sesuai dengan standar emisi Euro4.

Walau mesin masih dipertahankan, beberapa part seperti engine head, ECU, dan exhaust juga akan diupgrade supaya performa Hayabusa anyar bisa meningkat. Di samping itu, bodywork Hayabusa tersebut pun dipastikan juga akan diperbarui. Sayangnya masih belum ada konfirmasi lebih lanjut dari pihak Suzuki terkait hal tersebut. Suzuki Hayabusa sendiri direncanakan tampil pertama kali tahun 2020 depan. Kita tunggu saja!

   
Penulis: