Ini Kelebihan dan Kualitas Aki Yuasa “Toplite” untuk Motor

 4679 views

Aki atau accu merupakan salah satu komponen penting yang harus ada pada kendaraaan bermotor, tak terkecuali sepeda . aki adalah sebagai sumber tenaga atau suplai listrik untuk setiap komponen yang memerlukan listrik, mulai lighting, starter, hingga aksesori seperti alarm. Selain itu, aki juga berguna menjaga kestabilan tegangan dan juga penyimpan tenaga listrik yang dihasilkan putaran mesin.

aki motor yuasa – www.autokito.com

 

Secara umum, aki dapat dibagi menjadi lima macam, yaitu aki basah, aki kalsium, aki hybrid, aki MF (maintenance free), dan aki gel. Aki basah merupakan tipe aki yang sangat umum di pasaran dan banyak ditemukan di bengkel-bengkel . Aki ini mengandung larutan elektrolit berupa asam sulfat (H2SO4) dan masih populer digunakan hingga saat ini.

Lalu, aki kalsium, terbuat dari kalsium dan mirip dengan aki basah, hanya dibedakan berdasarkan kutub positif dan negatif. Sementara, aki hybrid adalah aki yang menggabungkan dua tipe aki menjadi satu. Aki ini merupakan kombinasi aki basah dan aki kalsium. Meski dikatakan memiliki daya tahan yang lebih  baik dibandingkan aki basah, namun popularitas aki ini masih rendah.

Adapun aki MF (maintenance free) lebih dikenal sebagai aki kering. Meski dinamakan aki kering, namun aki MF ini juga tetap menggunakan larutan elektrolit untuk mengaktifkan sel dalam menyimpan arus. Hanya, aki jenis ini memiliki segel khusus yang sangat kuat sehingga dapat menahan penguapan larutan elektrolit.

Terakhir, aki gel, yang merupakan terobosan terbaru dalam dunia penyimpanan arus pada kendaraan bermotor. Jika aki pada umumnya menggunakan cairan elektrolit sehingga mudah tumpah, maka aki ini menggunakan gel sebagai elektrolit. Selain itu, aki gel ini diklaim memiliki usia dua kali lipat lebih lama dibandingkan aki konvensional.

Saat ini, sudah banyak sekali aki yang beredar di pasaran, salah satunya Yuasa dari Taiwan. Aki Yuasa cukup populer karena memiliki beberapa kelebihan, seperti kualitas yang cukup bagus dan usia yang tahan lama.

Aki Yuasa memiliki bahan baku berkualitas tinggi serta proses perakitan yang sistematik, ketelitian tingkat tinggi, dan mencapai sempurna. Melalui mesin pembuat serbuk timah hitam yang otomatis, modern, dan berkapasitas besar, dihasilkan serbuk timah hitam terhalus dan berkualitas tinggi sebagai bahan dasar membuat pelat-pelat aki. Sambungan pelat-pelat aki yang presisi dan sempurna menjamin kekokohan struktur sel-sel sehingga menghasilkan kualitas kesempurnaan pada aki Yuasa.

Yuasa sendiri sudah memproduksi berbagai jenis aki sepeda motor, salah satunya aki Toplite GTZ-5S MF (Maintenance Free). Kualitas aki ini diklaim standar bintang lima dan cocok untuk matik Honda Vario 110, Honda BeAT, Mio J, Mio Soul lawas, Mio Soul GT, Suzuki Spin 125, hingga Suzuki Skydrive dan Skywave. Selain itu, aki ini juga dapat digunakan pada motor bebek semacam Honda Revo, Honda Blade, Honda Karisma, hingga Suzuki Shogun 125 dan SP.

Aki Yuasa Toplite dijual dengan harga bervariasi, tergantung masing-masing bengkel dan daerah. Satu unit aki dengan bobot 2 kg ini ditawarkan di kisaran harga Rp105.000 hingga Rp146.000.

   
Penulis: