Ini Manfaat Penggunaan Sarung Jok Motor

 2271 views

Saat ini, kita tentu sudah terbiasa melihat banyak pengguna sepeda yang menggunakan sarung jaring untuk melapisi jok mereka. Tak cuma di , sarung jok ini juga sudah banyak diterapkan pada model bebek maupun matik.

sarung jok motor – www.tokopedia.com

 

Sekilas, penggunaan sarung jok motor ini lebih banyak ditujukan agar tampilan kendaraan roda dua semakin keren dan enak dilihat. Namun, selain masalah estetika, penggunaan sarung pada jok ternyata juga memiliki banyak kegunaan.

Salah satu fungsi sarung jok motor model jaring adalah sebagai ventilasi sehingga angin dapat berembus di bawah tempat duduk pengendara. Ini membuat pantat pengendara yang bersangkutan tidak lekas terasa panas meski berkendara dalam waktu yang relatif lama.

Di samping itu, manfaat lain sarung jok motor adalah meminimalkan rembesan air ketika hujan lebat saat pengendara motor dalam keadaan tertentu terpaksa tetap melajukan kendaraan. Hal ini membuat pengguna sepeda motor tetap merasa nyaman ketika harus berkendara di bawah guyuran hujan yang deras sekalipun. Selain itu, ada beberapa kelebihan lain dari penggunaan sarung pada jok motor.

  • Sarung jok motor tahan lama, dalam artian tidak mudah lembek karena menggunakan bahan yang kuat dan dapat bertahan dalam keadaan cuaca panas maupun hujan.
  • Sarung jok motor tidak mudah robek.
  • Sarung jok motor juga mudah dibersihkan.
  • Sarung jok motor rata-rata terbuat dari bahan yang aman, terutama ketika bersentuhan dengan kulit.
  • Pemasangan dan pelepasan sarung pada jok motor sangat mudah.
  • Sarung jok motor tidak licin ketika diduduki karena berbentuk rongga jaring.
  • Sarung jok motor tidak menyerap air ketika hujan sehingga jok tetap kering.

Saat ini, sudah banyak sarung jok motor yang dijual di pasaran. sarung jok motor ini juga bervariasi, mulai Rp50.000 hingga Rp100.000 per buah. Semakin mahal sarung jok motor, biasanya kualitasnya juga semakin baik.

Selain menggunakan sarung jok motor, pengendara juga bisa meminimalkan rasa panas ketika duduk dengan menggunakan jok motor yang berukuran lebih tebal. Pasalnya, jok motor yang sudah tipis biasanya akan lebih cepat membuat tempat duduk terasa panas. Selain itu, punggung pun akan terasa lebih cepat lelah ketika berkendara dengan jok motor yang tipis.

   
Penulis: