Honda Hela, Motor Bebek Lawas Dilengkapi Pedal

 1864 views

Anda pasti sudah familiar dengan . merupakan merek asal yang telah memiliki popularitas mendunia. Perusahan ini dikenal mampu memproduksi mumpuni, baik untuk model atau moped, skuter matik, motor sport, maupun kendaraan layaknya ATV.

Honda Hela – archive.kaskus.co.id

 

Di Indonesia, merek Honda sudah menjadi jaminan yang berkualitas. Hingga detik ini, Honda disebut menguasai pangsa pasar kendaraan roda dua Tanah Air, mengalahkan para rival yang juga punya nama besar seperti Yamaha, Suzuki, atau Kawasaki. Penyebutan sepeda motor dengan nama Honda yang lazim pada era 1980-an hingga 1990-an membuktikan bahwa merek ini sudah mengakar kuat di jejak pasar otomotif Indonesia.

Honda sendiri tidak membangun popularitasnya dengan instan. Pabrikan dengan logo sayap mengepak itu sejak zaman dulu sudah rajin merilis berbagai varian sepeda motor, salah satunya model Honda Hela. Motor yang diproduksi pada akhir tahun 1960-an ini sering disebut sebagai nenek  buyutnya motor bebek Honda masa kini, tak jauh beda dengan model Honda C70.

Selain Honda Hela, motor bebek jadul ini sering juga disebut dengan nama Honda Boseh, Honda Kalong, atau Honda Amigo 50. Pabrikan asal Jepang menandai motor-motor jenis ini dengan awalan huruf “P” serta kapasitas mesin 50cc atau P50. Ada beberapa varian yang pernah dirilis, seperti PS50J, PS50N, PS50L, dan PS50K.

Model PS50J diproduksi pada tahun 1968, kemudian disusul dengan perilisan PC50B selang dua tahun setelahnya. Di saat yang sama, hadir pula model PC50L dan juga model PC50K. Kemudian, hadir varian Amigo, Amigo-R, Novio-R, dan juga Carmino.

Dari model pertama hingga model terakhir, memang terdapat beberapa perubahan desain, terutama di sektor kaki. Namun, mesin yang digunakan tetap sama, yaitu tipe 4-stroke berkapasitas 50cc, karena motor ini memang merupakan moped ber-cc kecil.

Meski begitu, berbeda dengan Honda C70 yang full mesin, Honda membekali model Hela dengan sepasang pedal. Jika mesin kehabisan bahan bakar, pengguna pun bisa menggunakan pedal untuk melajukan kuda besi ini, mirip dengan sepeda pancal.

Saat ini, meski masih  ada, namun keberadaan motor Honda Hela sudah mulai jarang terlihat. Namun, untuk Anda yang berminat, masih bisa menemukan produk bekasnya di lapak-lapak jual beli online dengan mulai Rp5 jutaan. Lumayan terjangkau untuk ukuran motor lawas yang sudah tergolong langka ini.

   
Penulis: