Inilah Senjata KTM Untuk Panaskan MotoGP 2017

 1953 views

Pabrikan asal Austria, KTM, berencana meramaikan persaingan di ajang MotoGP pada musim 2017 mendatang. Untuk itu, KTM telah menyiapkan senjata ampuh guna bersaing dengan pemain lawas yang terangkum dalam KTM RC16.

ktm motoGP 2017 – okezone.com

 

balap ini telah diuji secara resmi di Sirkuit Red Bull Ring, Austria pada November 2015 lalu. Mantan pembalap MotoGP dari tim Pramac d’Antin (sekarang Pramac Racing), Alex Hoffmann, berkesempatan menjadi test rider untuk menunggangi kuda besi dengan corak oranye khas KTM tersebut.

Kemudian, KTM sekali lagi melakukan tes uji coba motor terbarunya itu di Sirkuit Jerez, Spanyol yang dilangsungkan pada 19 hingga 21 Februari 2016 kemarin. Untuk membuktikan keseriusan mereka, selain Alex Hoffmann, KTM juga menggandeng dua pembalap lain, yaitu Mika Kalilo dan Randy de Puniet, sebagai tes rider mereka.

Dalam pengujian tersebut, suara yang dihasilkan KTM RC16 lebih menyerupai dengan timing pengapian Screamer dibandingkan dengan timing pengapian BingBang. Ini tampak pada suara yang terdengar lebih cempreng. Layaknya motor balap kebanyakan, KTM RC16 juga tampil dengan desain full di sekujur . Sementara, bagian depan motor ini ditutupi logo Red Bull, selaku sponsor pabrikan.

Selain itu, menurut informasi yang beredar, KTM RC16 memiliki mesin V4 dengan kemiringan masing-masing pasangan 90 derajat. Motor ini juga akan didukung dengan frame teralis, swing arm berbahan aluminium, rem cakram keluaran Brembo, serta muffler (knalpot) Akrapovic.

Dengan mesin V4, pemilihan kemiringan 90 derajat memang dianggap tepat untuk membuat mesin lebih seimbang. Selain itu, tangki bahan bakar kemungkinan akan berkapasitas 22 liter, meski masih menunggu keputusan Dorna selaku penyelenggara MotoGP.

Sementara untuk tenaganya, KTM RC16 diperkirakan bisa menumpahkan daya maksimal 240 HP hingga 245 HP pada putaran 16.000 rpm.  Menurut Manager PR KTM, Thomas Kuttruf, motor terbaru mereka tersebut akan kompetitif untuk ajang MotoGP, layaknya motor yang dibangun untuk ajang Moto3.

Setelah diluncurkan secara resmi untuk ajang MotoGP 2017, KTM RC16 kabarnya juga akan dipasarkan untuk masyarakat luas dengan . Motor ini diperkirakan dibanderol di kisaran 154.000 dolar AS.

Selain mempersiapkan kuda besi, pabrikan asal Austria itu kabarnya juga sudah memiliki dua pembalap resmi untuk mengarungi sesi MotoGP musim depan. Dua pembalap penuh potensi, Pol Espargaro dan Bradley Smith, kabarnya telah sama-sama diikat untuk musim 2017 dan 2018. Kita nantikan saja kiprah KTM musim depan.

   
Penulis: